Kamis, 29 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Rutin Mengonsumsi Bawang Panggang Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Sabtu, 24 Feb 2018 | 09:00 WIB Dibaca: 532 Pengunjung

Foto ilutrasi.*

[NEWSmedia] - Tanpa bawang putih, beberapa masakan tak akan memiliki rasa yang nendang. Selain memberi rasa dan aroma sedap pada masakan, bawang putih juga memiliki segudang khasiat buat kesehatan. Sejak zaman dulu, bawang putih digunakan nenek moyang sebagai obat, pengusir serangga, penghangat tubuh hingga nutrisi untuk kecantikan kulit maupun rambut.

Nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih begitu menyehatkan. Bawang putih yang kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, sodium dan zinc baik untuk menangkal berbagai penyakit. Pada 100 gram bawang putih dan mengandung 150 kalori, 33 gram karbohidrat, dan 6,36 gram protein, ini bisa mengurangi risiko alzheimer serta demensia.

Untuk merasakan manfaat hebat dari bawang putih, rempah ini bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat bumbu masakan atau dengan cara dibakar/panggang dulu. Dan berikut adalah manfaat dari mengonsumsi bawang putih bakar sebanyak 6 siung setiap harinya.

6 Jam Pertama

Satu jam setelah kamu mengkonsumsi bawang putih, tubuhmu akan mulai mencerna dan menyerap nutrisi. Dua hingga empat jam berikutnya, nutrisi yang diserap membantu melawan sel kanker dan radikal bebas. Empat hingga enam jam selanjutnya, tingkat metabolisme tubuh meningkat, mengaktifkan proses pengeluaran cairan berlebih, dan mulai membakar lemak yang tersimpan.

6 Hingga 10 Jam Berikutnya

Setelah melewati enam sampai tujuh jam, antibakteri bawang putih dilepaskan dan mulai menyebar dalam aliran darah. Umbi-umbian ini mulai bereaksi terhadap bakteri di dalam tubuhmu. Enam hingga sepuluh jam, nutrisi yang terkandung dalam bawang putih telah membantu tubuh meningkatkan fungsi sel dan melindungi tubuh dari oksidasi.

24 Jam Selanjutnya

Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu diet dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Sepuluh hingga 24 jam, nutrisi bawang putih memulai pembersihan yang mencakup proses berikut:

1. Mengatur kolesterol
2. Membersihkan arteri dan mencegah sakit jantung
3. Menurunkan dan memperbaiki tekanan darah
4. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh
5. Mencegah senyawa jahat masuk ke dalam tubuh
6. Memperkuat tulang dan persendian
7. Mencegah kelelahan
8. Meningkatkan kemampuan atletik tubuh
9. Memperpanjang umur sel

Untuk dapatkan manfaat sehat yang maksimal, mengonsumsi bawang putih secara rutin saja setiap hari belum cukup. Kamu tetap penting memiliki pola hidup sehat, minum air putih cukup, olahraga cukup, istirahat cukup dan menghindari stres serta depresi. Usahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan olahan, daging merah berlebih, gula dan garam berlebih serta tidur terlalu berlebih. [vml] 

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rutin Mengonsumsi Bawang Panggang Setiap Hari, Ini Manfaatnya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top