Jumat, 27 November 2020 |
News Room

Rusunawa di Kota Serang Akan Dihuni Warga, Tarifnya Rp250 Ribu/ Bulan

Selasa, 03 Mar 2020 | 15:36 WIB Dibaca: 534 Pengunjung

Rusunawa di Link. Ciracas, Kota Serang, Selasa (3/3/2020).*

SERANG, [NEWSmedia] - Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang berada di Lingkungan Ciracas, Kecamatan Serang, Kota Serang akan dihuni oleh masyarakat umum.

Kepala UPTD Rusunawa Kota Serang Ending Mashudi mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan itu, pihaknya sejauh ini sedang melakukan perbaikan terhadap air dan listrik di Rusunawa tersebut.

"Kondisinya memang belum resmi dimanfaatkan karena kondisinya sejak masih di Kabupaten Serang itu tidak layak pakai, terutama instalasi yang vital seperti listrik dan air memang belum bisa disediakan secara prima," kata Ending, Selasa (3/3/2020).

Ia menjelaskan, meski saat ini beberapa ruangan telah terisi oleh warga umum, namanya hal tersebut hanya untuk membantu pemeliharaan terhadap aset yang kini menjadi milik Pemkot Serang tersebut.

"Untuk sekarang ini sifatnya hanya sebatas membantu pemeliharaan saja, jadi yang diberlakukan hanya untuk kebutuhan mereka sendiri, seperti pemeliharaan listrik dan air, sekarang yang terdata itu sebanyak 38 unit dari total 96 unit yg ada dan masih banyak yang kosong," jelasnya.

Ia menuturkan, adapun syarat bagi warga yang ingin tinggal di Rusunawa tersebut harus pasangan yang sudah menikah dan berdomisili di Kota Serang serta pendaftar masuk ke dalam kategori yang kurang mampu.

"Kemudian dari kriteria juga ada batasan terkait pendapatan mereka sesuai regulasi dari PUPR. Nanti ada formulir, ada keterangan blum memiliki rumah yang dikeluarkan oleh kelurahan, terus dilampirkan akte nikah, KK, KTP suami istri, ini memang prioritas untuk yang sudah menikah. Bisa daftar langsung ke sini atau ke kelurahan juga boleh," tuturnya.

Sementara untuk harga sewa, lanjut Ending, pihaknya bersama DPRD Kota Serang telah menggodok regulasi untuk penentuan retribusi dari Rusunawa tersebut.

"Kalau untuk regulasi itu sudah mulai berlaku sebetulnya, jadi terkait peraturan walikota soal retribusi rusunawa itu sudah ada mulai April 2017. Tapi kembali lagi, dengan kondisi rusunawa yang belum memadai atau belun siap memenuhi kebutuhan penghuninya, ya kita belum bisa melaksanakan regulasi itu," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Rusunawa di Kota Serang Akan Dihuni Warga, Tarifnya Rp250 Ribu/ Bulan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top