Senin, 25 Juni 2018 |
News Room

Rumah Sakit Mata Berbasis Wakaf Hadir di Kota Serang

Kamis, 28 Sept 2017 | 15:48 WIB Dibaca: 913 Pengunjung

Rumah Sakit Mata Serang yang berlokasi di Taktakan, Kota Serang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Dompet Dhuafa berkerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) menghadirkan layanan Rumah Sakit Mata berbaris wakaf di Kota Serang. Nantinya, rumah sakit itu akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak mampu yang mengidap penyakit mata.

"Kehadiran RS Mata Serang adalah sejarah pertama kali kerjasama Nazir BWI dan Dompet Dhuafa. Ini menjadi momentum pengelolaan wakaf produktif di Indonesia yang memastikan amanah agar aset wakaf tersebut memberikan pahala sepanjang masa bagi muwakif," kata Direktur Utama Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan, saat Soft Launching RS Mata Ahmad Wardi, di Taktakan, Kota Serang, Kamis (28/9/2017).

Imam mengungkapkan, berdasarkan hasil survei kebutaan menggunakan metode Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2013-2014 di Provinsi NTB, Jabar dan Sulsel, didapatkan prevalensi kebutaan pada masyarakat usia lebih dari 50 tahun adalah 3,2%.

"Dan sekitar 1,5 persen dari dua juta penduduk Indonesia menderita katarak dan setiap tahunnya sebanyak 240 ribu orang terancam mengalami kebutaan," ungkapnya.

Selanjutnya, kata Iman, pihaknya bercita-cita untuk mewujudkan gerakan 1.000 tempat tidur rumah sakit untuk dhuafa dengan konsep wakaf produktif.

"Sebelum mengelola rumah sakit mata ini, kami juga sudah mengelola Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu di Bogor, Jawa Barat, dan Rumah Sakit AKA Medika, Lampung. Kedua rumah sakit itu juga didirikan dan dikelola berbasis wakaf dari masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pelaksana BWI, Prof. Syibli Syarjaya mengatakan, pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa wakaf bukan hanya bisa untuk mendirikan masjid, madrasah, dan kuburan, tetapi juga bisa untuk mendirikan rumah sakit atau fasilitas kesehatan.

"Kami pun ingin agar wakaf juga mempunyai peran mendekatkan masyarakat kepada fasilitas dan layanan kesehatan," kata Syibli.

Rumah Sakit Mata Serang berdiri di atas lahan seluas 2.348 meter persegi yang berlokasi di Kecamatan Taktakan, Kota Serang Banten. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Rumah Sakit Mata Berbasis Wakaf Hadir di Kota Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top