Kamis, 16 Juli 2020 |
News Room

Rumah Bersubsidi dengan Konsep Smart City Hadir di Kota Serang

Jumat, 18 Mei 2018 | 21:00 WIB Dibaca: 880 Pengunjung

Launching dan Peletakan Batu Pertama Perumahan Griya Kartika Indah, di Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Jumat (18/5/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - PT Akar Kaniis Indonesia akan membangun rumah bersubsidi dengan konsep Smart City Kangge Wong Cilik di Kecamatan Taktakan, Kota Serang.

Direktur PT Akar Kaniis Indonesia, Sanurdiwati Sanusi menjelaskan, konsep smart city tersebut baru pertama kali diterapkan untuk rumah bersubsidi, sebab menurutnya, konsep smart home dikenal hanya bagi masyarakat menengah ke atas.

“Kami mencoba merealisasikan konsepSmart City bagi kalangan menengah ke bawah,” kata Sanusi usai Launching dan Peletakan Batu Pertama Perumahan Griya Kartika Indah, di Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Jumat (18/5/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya akan membangun sebanyak 720 unit rumah bersubsidi type 30 dengan harga Rp131 juta dengan cicilan Rp800.000 per bulan.

“Kami targetkan 720 unit, nanti ada area pengembangan 30 hektare. Kami akan plot pertama 16 ruko, area komersial 44 unit dan sisanya rumah subsisdi. Kami juga menyiapkan bagi rumah subsidi menggunakan korset duduk, semuanya," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Akar Kaniis Indonesia, Muhamad Yusup menjelaskan, rumah subsidi dengan konsep smart home tersebut, rencananya akan menggunakan kunci kartu yang terintegrasi.

“Kami juga menyediakan rumah subsidi untuk  pedagang bakso dan penghuni ibu-ibu non skill akan kami buat pelatihan home industy, sehingga bukan hanya suaminya saja yang bisa membayar, melainkan istrinya pun bisa membayar, karena mendapat penghasilan,” kata Yusup.

Ia menuturkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Rumah Subsidi, orang yang berhak mempunyai rumah tersebut adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah dengan gaji pokok di bawah Rp4 juta dan harus disertai dengan surat keterangan tidak memiliki rumah dari Kelurahan.

“Jika tiga bulan oleh PUPR dikontrol ke lapangan rumahnya tidak diisi, maka akan dipasang stiker. Subsidinya dicabut,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Serang, Sulhi Choir mengatakan, di dalam melaksanakan niat yaitu membangun kesejahteraan masyarakat kurang mampu, patut bersyukur dengan hadirnya perumahan bersubsidi di Kota Serang.

“Perumahan bersudsidi ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat. Saya yakin perumahan ini akan menambah ramainya daerah ini dan akan menambah hidupnya suasana Kecamatan Taktakan,” pungkasnya. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rumah Bersubsidi dengan Konsep Smart City Hadir di Kota Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top