Senin, 25 Juni 2018 |
News Room

Roadshow ke Pengurus Daerah, Andika Minta Karang Taruna Garap Desa

Kamis, 30 Nov 2017 | 21:28 WIB Dibaca: 372 Pengunjung

Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, Andika Hazrumy bersama pengurus Karang Taruna Kabupaten Lebak, Kamis (30/11/2017).*

LEBAK, [NEWSmedia] – Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, Andika Hazrumy meminta kepada pengurus Karang Taruna di kabupaten/kota se-Banten agar mampu mengoptimalkan desa.

Menurutnya, optimalisasi tersebut dimaksud, baik dalam artian melakukan pengkaderan sejak tingkat desa, maupun dalam artian pengurus dan kader Karang Taruna melakukan pemberayaan potensi perekonomian lokal mulai dari tingkat desa.

“Karena sesungguhnya Karang Taruna itu kan basisnya real. Potensi kadernya sampai ke tingkat desa, bahkan sampai tingkat RW dan RT. Jadi ini harus berdaya,” kata Andika saat memberikan sambutan dalam kegiatan roadshow Karang Taruna Kabupaten Lebak di Kota Rangkasbitung, Kamis (30/11/2017).

Mengingat potensi yang besar itu, menurut Andika yang juga Wakil Gubernur Banten, Karang Taruna harus menjadi organisasi sosial primadona di Provinsi Banten.

"Kami berharap dengan berdayanya Karang Taruna di Banten, maka tugas pemerintah daerah di Banten dalam melayani dan mensejahterakan masyarakat menjadi terbantu," jelasnya.

Andika menuturkan, dirinya sebagai Wakil Gubernur Banten, berjanji untuk mendorong dengan kewenangan yang dimiliki, agar Karang Taruna mampu berdaya dengan merencanakan sebuah regulasi yang akan menguatkan peran Karang Taruna tersebut.

“Mungkin bentuknya bisa Pergub (peraturan gubernur) atau juga mungkin sekalian Perda (peraturan daerah). Intinya bagaimana pemprov bisa menstimulasi Karang Taruna sebagai organisasi pemuda yang berdaya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lebak, Junaedi Ibnu Jarta mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pemberdayaan masyarakat Baduy melalui Karang Taruna Kecamatan Leuwidamar dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat adat Baduy dalam melakukan usaha pariwisata.

“Seperti ikat kepala Baduy yang tadi kami kenakan kepada Aa (sapaan akrab Andika Hazrumy-red), salah satunya itu yang kami lakukan pendampingan,” contohnya.

Terkait ritual penyambutan itu, Junaidi menjelaskan, pihaknya memang sengaja mengetengahkan atmosfer Baduy dalam acar tersebut. Hal itu mengingat, Lebak satu-satunya daerah di Banten yang memiliki keraifan lokal berupa masyarakat adat Baduy.

“Dan hanya di Lebak juga, Banten memiliki keraifan lokal berupa masyarakat adat Kasepuhan. Jadi wajar kiranya kami memakai filosofi Baduy ini dalam menyambut kedatangan Aa,” paparnya.

Untuk diketahui, pada hari yang sama, Andika juga melakukan kunjungan serupa ke Karang Taruna Kabupaten Pandeglang dan Karang Taruna Kota Serang, dan sehari sebelumnya, Andika juga mengunjungi Kerang Taruna di kabupaten/kota lainnya di Banten dengan tujuan yang sama. [dham]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Roadshow ke Pengurus Daerah, Andika Minta Karang Taruna Garap Desa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top