Selasa, 04 Agustus 2020 |
News Room - Pemerintahan - Pariwisata

Ribuan Suku Baduy 'Sowan' ke Bapa Gede

Sabtu, 29 Apr 2017 | 13:09 WIB Dibaca: 1277 Pengunjung

Ribuan masyarakat Baduy berkumpul di GOR Serang untuk menggelar acara ritual Seba Baduy, Sabtu (29/4/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 1.658 masyarakat Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, atau yang biasa disebut sebagai suku Baduy, menjalani ritual tahunan Seba Baduy. 

Pantauan NEWSmedia, tanpa mengenakan alas kaki, rombongan warga Kanekes tiba di GOR Ciceri Kota Serang sejak pukul 10.00 WIB untuk beristirahat, selanjutnya akan melakukan perjalanan ke Museum Negeri Banten pada pukul 15.00 WIB untuk melakukan Seba ke Bapak Gede (Gubernur Banten).

Hadir pada acara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Sahida Hayat mewakili masyarakat Kanekes dan disambut oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati. 

"Sesuai dengan rangkaian acara, Seba Baduy diawali di Kabupaten Lebak, kami lakukan komunikasi dan koordinasi dengan jajaran di Lebak dan Alhamdulillah acara disana lancar dan sukses," kata Eneng saat ditemui di GOR Ciceri Kota Serang, Sabtu (29/4/2017).

Ia mengatakan, rangkain acara Seba Baduy selanjutnya akan dilakukan di Museum Negeri Banten dan dijadwalkan Penjabat Gubernur Banten, Nata Irawan serta Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Ranta Soeharto akan hadir dan menerima masyarakat tersebut.

"Ritual tahunan ini kan hanya dimiliki Banten dan tidak saja mengambil hikmah dari kearifan lokal masyarakat Baduy, tapi juga bisa menarik wisatawan untuk datang ke Banten," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ribuan Suku Baduy 'Sowan' ke Bapa Gede
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top