Sabtu, 08 Mei 2021 |
News Room

Ribuan Santri di Kota Serang Peringati Hari Santri Nasional

Minggu, 22 Okt 2017 | 20:02 WIB Dibaca: 1347 Pengunjung

Suasana peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Ling. Sempu, Kota Serang, Sabtu (21/10/2017) malam.*

SERANG, [NEWSmedia] - Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kota Serang memperingati Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Ling. Sempu, Kota Serang, Sabtu (21/10/2017) malam.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Fathaniyah, Matin Syarkowi yang juga sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Serang mengatakan, acara tersebut dilakukan atas adanya surat edaran PBNU Nomor 1551/C.I.34/10/2017 tentang Instruksi Peringatan Hari Santri Nasional 2017.

"Acara kita isi dengan istigosah dan pembacaan 1 milyar Shalawat Nariyah, serentak seluruh Indonesia," kata Matin kepada awak media.

Matin mengatakan, Bale Rombeng (Pondok Salafi) adalah soko guru pendidikan karakter nusantara, dan lembaga pendidikan tertua di Indonesia, sebab menurutnya, peran pesantren sangat besar dalam kemerdekaan Indonesia.

"Bale Rombeng soko guru pendidikan karakter nusantara, dari sinilah peranan santri dan ulama menjaga sendi-sendi kehidupan bernegara," jelasnya.

Ketua Majelis Pesantren Salafiyah (MPS) Banten itu juga mengatakan, pesantren pertama kali didirikan oleh para alim ulama yang populer dengan sebutan 'Wali Songo' ditempat-tempat sederhana dalam bentuk surau (Bale Rombeng).

"Artinya Islam masuk ke nusantara hingga kemerdekaan tetap menjaga karakteristik keberagaman, dan tetap terpelihara utuh," terangnya.

Untuk diketahui, acara tersebut juga dihadiri oleh ribuan santri dan pimpinan pondok pesantren salafi se-Provinsi Banten, para Kiai, Rois Suriah PCNU Kota Serang, Kapolda Banten dan Ketua DPRD Kota Serang. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ribuan Santri di Kota Serang Peringati Hari Santri Nasional
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top