Jumat, 22 Juni 2018 |
News Room - Pemerintahan

Ribuan Pesantren di Banten Diguyur Rp20 Juta

Sabtu, 26 Mei 2018 | 11:29 WIB Dibaca: 458 Pengunjung

Wagub Banten, Andika Hazrumy saat Safari Ramadan di Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Jumat (25/5/2018).*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 3.264 pondok pesantren di Banten mendapatkan bantuan tunai masing-masing sebesar Rp20 juta dari APBD Banten 2018.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, bantuan tersebut dimaksudkan agar pembangunan di Provinsi Banten dapat dilakukan secara menyeluruh dan tidak hanya fisik semata.

“Dalam konteks pembangunan, tentu saja kita tidak bisa hanya membangun sarana dan prasarana, tapi juga membangun manusianya itu tidak kalah pentingnya,” kata Andika saat Safari Ramadan di Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Jumat (25/5/2018).

Andika menjelaskan, pondok pesantren merupakan salah satu tempat vital dalam peran pembangunan manusia, terutama umat muslim. Oleh karena itu, menjadi relevan jika ponpes dibantu oleh pemerintah dalam menjalankan fungsinya membina umat.

“Malahan mungkin ini masih jauh dari cukup bantuan yang pemprov berikan ini. Insha Allah saya dan Pak Gubernur akan mengupayakan agar bantuan ini bertambah setiap tahunnya,” jelasnya.

Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten KH Matin Jawahir menuturkan, selaku lembaga yang ditunjuk Pemprov Banten untuk menyalurkan bantuan kepada pesantren, pihaknya mengamanatkan agar bantuan itu bisa dipertanggung jawabkan.

“Jadi ponpes nanti wajib membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dananya. Kami FSPP akan membantu secara teknis pembuatan laporannya,” kata Matin.

Matin juga mewanti-wanti agar pesantren penerima bantuan dan petugas FSPP tidak memotong sedikit pun anggaran tersebut.

“Haram hukumnya dana bantuan ini kalo sampai kurang sampainya ke kiyai (pemimpin ponpes) dari Rp20 juta,” kata Matin seraya mengingatkan agar pemimpin pondok pesantren juga menunaikan kewajibannya membayar pajak dari dana bantuan tersebut. [dham]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ribuan Pesantren di Banten Diguyur Rp20 Juta
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top