Rabu, 23 Mei 2018 |
News Room

Ribuan Masyarakat Baduy Sowan ke 'Abah Gede'

Sabtu, 21 Apr 2018 | 20:04 WIB Dibaca: 719 Pengunjung

Gubernur Banten, Wahidin Halim saat menerima kedatangan suku Baduy di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu (21/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Gubernur Banten, Wahidin Halim menerima kurang lebih 1.500 Warga Baduy yang akan melaksanakan Seba di Alun-alun Barat, Kota Serang, Sabtu (21/04/2018).

Wahidin menilai, warga baduy sangat luar biasa, sebab menurutnya, dari dulu sampai saat ini mereka tetap mempertahankan tradisi, adat istiadat, menjaga alam dan memepertahankan harmonisasi dengan lingkungan masyarakatnya.

"Secara ekonomi mereka punya system sendiri, pertanian mereka mempunyai caranya sendiri, tidak ada kegelisahan hidup dihatinya dan mereka adalah orang yang mempunyai tanggungjawab terhadap alam dan sekitarnya," kata Wahidin.

Ia menuturkan, masyarakat Baduy tersebut sangat unik dan antik, lantaran mereka tidak hanya di kenal di Indonesia tetapi masyarakat Internasional pun pernah melakukan penilitian di masayarakat baduy yang tetap mempertahankan tradisinya.

"Saya gubernur yang disebut Bapak Gede berdo’a agar kalian (warga Baduy) tetap mempertahankan tradisi yang ada selama ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, untuk menyambut warga Baduy, pihaknya telah mempersiapkan berbagai macam pertunjukan, mulai dari tari-tarian, wayang golek dan pemutaran film pariwisata dan hiburan.

"Suku Baduy menjadi salah satu icon atau seven wonder of Banten, selain Banten Lama, Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Sangiang, Pulau Umang, Gunung Krakatau, dan Rawadano," pungkasnya. [hms]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ribuan Masyarakat Baduy Sowan ke 'Abah Gede'
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top