Senin, 25 Juni 2018 |
News Room

Ribuan Karyawan di Banten Belum Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Senin, 30 Apr 2018 | 20:10 WIB Dibaca: 165 Pengunjung

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung, Benjamin Saut PS saat ditemui di Kota Serang, Senin (30/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dari sekitar 15.000 perusahaan yang ada di Banten, 5.702 badan usaha dinyatakan belum mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung, Benjamin Saut PS mengatakan, seluruh perusahaan yang mempunyai karyawan, berkewajiban untuk pendaftaran pekerjanya sebagai peserta BPJS Kesehatan.

"Perusahaan itu wajib mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan, dari 5.702 perusahan itu, ada yang belum mendaftarkan semua, tapi ada juga perusahaan yang baru mendaftar setengah atau sebagian karyawannya," kata Benjamin saat ditemui di Kota Serang, Senin (30/4/2018).

Dengan demikian, lanjut Benjamin, pihaknya akan memprioritaskan perusahaan-perusahaan yang mempunyai banyak karyawan untuk menambah jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Provinsi Banten.

"Kita prioritaskan yang perusahaan besar dulu, karena mempengaruhi jumlah penduduk yang akan menjadi peserta JKN, mulai dari perusahaan yg paling besar, kemudian medium, kemudian yang kecil-kecil," jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya menargetkan seluruh perusahaan tersebut bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan pada tahun 2018.

"Dari 5.000 perusahaan target BJPS, karena karyawan inj wajib semua, kita kejar dalam tiga bulan ke depan," tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa dikenakan sanksi yang tegas sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif Kepada Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara dan Setiap Orang, Selain Pemberi Kerja, Pekerja, Dan Penerima Bantuan Iuran Dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial.

"Penindakan mulai 2017, sudah ada yang dipanggil dan diberikan peringatan kemudian mendaftar, tapi kalau belum mendaftar juga akan ditindak, bisa dicabut izin usahanya bahkan bisa kena hukum Perdata dan Pidana, sesuai PP 86," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ribuan Karyawan di Banten Belum Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top