Sabtu, 27 Februari 2021 |
News Room

RI Ungkap Cara Bantu Korban Konflik di Aleppo Suriah

Sabtu, 17 Des 2016 | 07:05 WIB Dibaca: 1270 Pengunjung

Puluhan bus yang mengangkut pengungsi bergerak meninggalkan Aleppo, Suriah.*

[NEWSmedia] - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Damaskus, Suriah, adalah salah satu perwakilan asing yang hingga kini masih bertahan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan keberadaan KBRI ini untuk membantu warga negara Indonesia yang masih ada di wilayah konflik tersebut.

"Hampir setiap hari saya komunikasi dengan Duta Besar di Damaskus untuk mengetahui situasi. Beberapa kali secara berkala ada kasus di mana kita harus mengeluarkan warga kita dari wilayah konflik. Hal inilah yang dipandang perlu adanya keberadaan KBRI kita di sana, karena komunikasi sangat penting," kata Retno kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 16 Desember 2016.

Indonesia pun sejauh ini telah banyak menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban konflik di Suriah. Bantuan tersebut antara lain berupa dana dan bahan untuk keperluan pemulihan.

Pemerintah Indonesia juga mengungkapkan keprihatinan terhadap situasi kemanusiaan di Aleppo, yang belakangan telah menelan ribuan korban termasuk perempuan dan anak.

Terbukanya akses kemanusiaan secara penuh merupakan suatu hal yang sangat mendesak saat ini di Suriah. "Kita ikuti secara dekat perkembangan di Suriah, terutama perkembangan yang baru-baru ini terjadi di Aleppo.

Posisi kita saat ini adalah terus mendorong agar perundingan damai dapat dilanjutkan dan dilakukan secara inklusif," tegas Retno. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

RI Ungkap Cara Bantu Korban Konflik di Aleppo Suriah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top