Senin, 21 Agustus 2017 |
Pariwisata - News Gallery

Resmi Dibuka Museum Keris Solo Jadi Destinasi Baru

Kamis, 10 Agt 2017 | 16:00 WIB Dibaca: 206 Pengunjung

salah satu koleksi museum keris solo.*

[NEWSmedia] - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo berharap masyarakat antusias mengunjungi museum keris nusantara yang baru diresmikan pada Rabu (9/8) siang. 

Museum tersebut dapat menjadi sarana edukasi bagi warga, terlebih ada ratusan koleksi keris dan pusaka bersejarah lainnya yang terdapat di museum keris nusantara.  

“Ini tentunya akan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, ini juga menjadi destinasi wisata baru di Solo,” kata Rudyatmo. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan, warga yang berkunjung ke museum bisa memperoleh informasi terkait sejarah hingga pembuatan keris. Dia pun berharap banyak generasi muda yang lebih tertarik mengunjungi museum keris. 

Terdapat sekitar 409 koleksi keris berbagai jenis dan ukuran serta 38 tombak dan benda-benda pusaka bersejarah lainnya.

Museum Keris dibangun bertahap sejak 2013 dimana Pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar Rp 7,9 miliar. Sedangkan pada tahap 2 dan 3, pemerintah mengucurkan anggaran sebesar Rp 5 miliar dan Rp 8,2 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan fisik dan perbaikan bangunan cagar budaya bekas Rumah Sakit Jiwa Mangun Jayan di komplek Museum.  [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Resmi Dibuka Museum Keris Solo Jadi Destinasi Baru
Dinsos
Top