Sabtu, 05 Desember 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Rentan Terkena Hipertensi? Ini Faktornya

Rabu, 17 Mei 2017 | 09:32 WIB Dibaca: 845 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Hipertensi dan tekanan darah tinggi bisa menjadi masalah yang datang diam-diam. Tapi, dampaknya bisa langsung sangat mematikan, karena meningkatkan risiko serangan jantung.

Karena itu, dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia, Anda perlu mewaspadai penyakit hipertensi. Salah satunya dengan mengetahui faktor risiko yang membuat seseorang rentan terkena hipertensi.

Berikut 5 hal yang membuat seseorang rentan terkena hipertensi seperti dilansir dari laman Timesofindia:

Umur 
Semakin tua usia, maka semakin besar risiko terkena tekanan darah tinggi. Orang di usia lanjut berisiko lebih tinggi mengembangkan gangguan sistolik yang meningkat. Risikonya adalah karena pengerasan pembuluh darah.

Keturunan 
Jika ada riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, maka mungkin itu adalah alasan bagi Anda untuk mulai khawatir. Bentuk tekanan darah tinggi yang diwariskan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada usia dini.
Gender 
Pria memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan tekanan darah tinggi dibandingkan wanita. Tapi, bukan berarti wanita bisa bersantai, karena risiko pun tetap tinggi. Jadi, ingatlah gaya hidup dan kebiasaan makan Anda.

Berat badan ekstra 
Obesitas menjadi salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Orang yang memiliki penyimpangan lemak di sekitar perut, pinggul dan paha juga berisiko terkena tekanan darah tinggi. 

Sensitivitas garam
Beberapa orang sensitif terhadap asupan garam atau sodium, yang membuat tekanan darah mereka meningkat. Jika Anda peka terhadap garam, maka satu-satunya pilihan untuk tetap aman adalah dengan mengurangi asupan. Berhati-hatilah saat menggunakan garam dalam makanan Anda, baca label sebelum memiliki makanan olahan. Makanan cepat saji memiliki kadar garam yang besar di dalamnya, jadi gunakan kebijaksanaan sebelum mengonsumsinya. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rentan Terkena Hipertensi? Ini Faktornya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top