Rabu, 03 Maret 2021 |
Pariwisata - News Gallery

Rekomendasi Internet Murah Saat Liburan ke Luar Negeri

Kamis, 29 Mar 2018 | 16:35 WIB Dibaca: 594 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Hidup tanpa internet di zaman serba gadget akan terasa hampa. Kemana pun pergi, koneksi internet akan selalu dicari. Termasuk juga, ketika liburan ke luar negeri.

Koneksi internet menjadi penting selama melakukan perjalanan untuk membantu Anda mencari informasi tempat-tempat yang direkomendasikan, mulai dari tempat makan, hingga tempat wisata. Tak hanya itu, koneksi internet juga membantu Anda untuk terus terhubung dengan media sosial.

Untuk itu, Anda perlu mencari paket internet yang murah dibandingkan menggunakan data roaming dari perangakat SIM dari negara asal Anda. Lalu, paket internet apa yang bisa Anda pilih? Berikut ini referensi paket internet yang bisa Anda pilih yang dilansir dari laman Asiaone.

1. Wi-fi Router

Wi-fi Router menjadi pilihan terutama jika Anda tidak membawa perangkat eksternal untuk akses data. Anda akan mendapatkan data tak terbatas dengan harga tetap setiap hari, tergantung pada destinasi yang Anda kunjungi.

Anda cukup membayar 5 Dolar Singapura  atau setara dengan Rp52 ribu per hari untuk negara-negara seperti Thailand dan Taiwan. Sedangkan 12 Dolar Singapura atau setara dengan Rp126 ribu per hari untuk tujuan seperti Eropa dan AS.

Manfaat tambahan dari menyewa router Wi-fi adalah jika Anda bepergian bersama teman, Anda bisa patungan untuk membayar tagihan sewa Wi-fi ini.

Pastikan juga untuk mencari informasi promo yang bisa didapatkan untuk memangkas biaya sewa sebelum melakukan pemesanan.

2. Kartu SIM Prabayar Luar Negeri

Sebagian dari kita mungkin akan membeli kartu SIM dari negara yang dikunjungi. Paket kartu SIM prabayar biasanya dibatasi baik jumlah hari atau penggunaan data.

Setelah mendarat di bandara tujuan, Anda akan melihat banyak toko yang menjual kartu SIM untuk turis. Lakukan riset mengenai kartu SIM lokal mana yang bagus sebelum tiba.

Berdasarkan pengalaman, ketika bepergian ke tempat-tempat seperti Bangkok, Malaysia, atau Kamboja, kartu SIM ini benar-benar terjangkau dan punya paket hemat yang sangat menarik.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli kartu SIM di luar negeri. Usahakan, mendapatkan kartu SIM yang sesuai dengan ponsel Anda baik itu kartu nano atau micro SIM.

Berikutnya, simpan kartu SIM lokal Anda di tempat yang aman dan ingat di mana Anda meletakkannya. Jika Anda salah meletakkan kartu SIM asli, Anda tidak dapat mentransfernya kembali ketika Anda kembali.

Jika Anda pengguna iPhone, ingatlah untuk membawa pin penghapusan kartu SIM Anda. Atau selalu tempelkan pada gantungan kunci. Terakhir, bersiaplah untuk antre ketika membeli kartu SIM di bandara karena sebagian besar wisatawan akan berkerumun di sekitar vendor kartu SIM.

Jika Anda bepergian ke satu negara, opsi ini sering kali paling murah.

3. Paket Roaming Data dari perusahaan telekomunikasi lokal

Paspor Data, bisa jadi pilihan. Dengan Data Passport, pengguna M1 dapat membayar biaya tunggal untuk Data Passport Anda dan menggunakan data seluler di luar negeri.

Biaya bulanan untuk Data Passport berkisar dari Rp105 ribu untuk negara-negara seperti Thailand, Hong Kong, Australia, hingga Rp262 ribu untuk tempat-tempat seperti China atau Jepang.

Jika Anda bepergian di Eropa, Anda dapat membeli M1 ini senilai Rp525 ribu yang memungkinkan Anda menjelajahi 29 negara di Eropa. Ada juga paket seperti Paspor Data ASEAN dan Asia sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ketika mengaktivasi M1 ini Anda akan dikenakan biaya aktivasi sebesar Rp27 ribu untuk terhubung ke mitra resmi M1 ketika di luar negeri. Menghubungkan ke non-mitra M1 dapat menyebabkan biaya tambahan.

4. StarHub

StarHub bisa digunakan ke beberapa destinasi seperti Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, China, Jepang, Maccau, Selandia Baru dan Australia.

Jika Anda memerlukan lebih banyak data, pertimbangkan untuk menggunakan DataTravel Unlimited StarHub dengan lebih dari 120 tujuan. Anda dapat menghemat kerumitan mengganti kartu SIM atau memilih jaringan secara manual dengan harga yang tentu lebih mahal.

Untuk pelanggan non-StarHub, ada opsi lainnya seperti Happy Roam Data Plan. Untuk menggunakan Paket Data Roam Happy, Anda harus membeli SIM Prabayar Pertama seharga (Rp156 ribu), S$ 32 (Rp 336.601) atau  S$50 (Rp 525.940). Kartu SIM prabayar ini dilengkapi dengan kredit dan data lokal. Selanjutnya, unduh Aplikasi Happy Prepaid dan beli paket data tambahan melalui aplikasi. Anda juga harus memeriksa untuk melihat apakah negara yang Anda kunjungi adalah salah satu Tujuan Happy Roam sebelum Anda membelinya.

5. Singtel

Pengguna Singtel dapat menggunakan DataRoam Unlimited Daily untuk roaming data tak terbatas setiap hari. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya berkisar Rp200 ribu-Rp300 ribu per hari. (tergantung pada negara tujuan Anda)

Singtel ReadyRoam menawarkan data 1GB lebih untuk 30 hari mulai dari Rp136 ribu dan dapat digunakan di beberapa tujuan yang memenuhi syarat. Ini berguna jika Anda sedang dalam perjalanan backpacking dan tidak memerlukan banyak data, tetapi akan bepergian ke beberapa negara.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rekomendasi Internet Murah Saat Liburan ke Luar Negeri
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top