Minggu, 20 Oktober 2019 |
News Room - Pariwisata - News Community

Ratusan Pegiat Alam di Banten Ikut Aksi #SavePulauOar

Minggu, 22 Sept 2019 | 15:03 WIB Dibaca: 347 Pengunjung

Aksi bersama #SavePulauOar di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Minggu (22/9/2019).

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 250 orang dari berbagai komunitas penggiat alam di Banten ikut membersihkan Pulau Oar di Desa Sumur, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Minggu (22/9/2019).

Aksi bersama #SavePulauOar adalah aksi kolaborasi komunitas, kelompok lokal, organisasi mahasiswa & siswa, tour operator dan komunitas lainnya untuk bersama-sama bergerak berupaya mengembalikan kondisi Pulau Oar pasca Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada akhir 2018 lalu.

"Kita bersama-sama membersihkan pulau oar dari sampah dan puing-puing bekas tsunami dan kita juga ada penanaman pohon," kata Ketua Asosiasi Pokdarwis Kabupaten Pandeglang, Hudan Zulkarnain.

Ia menjelaskan, program tersebut merupakan kegiatan inisiasi tanpa biaya atau program titipan dari instansi manapun, sehingga siapapun yang peduli dengan Pau Oar diharapkan mampu memberikan donasi ke https://kitabisa.com/campaign/savepulauoar.

"Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membeli bahan atau material dan kebutuhan lainnya untuk mengembalikan kondisi pulau oar," jelasnya.

Ia juga menegaskan, sebelum terjadi Tsunami Selat Sunda pada akhir tahun 2018, Pulau Oar merupakan salah satu sumber pendapatan masyarakat Sumur dan sekitarnya dari sektor pariwisata.

"Tapi setelah tsunami kemarin, pulau ini gundul dan wisatawan pun sedikit sekali yang ke sini, maka melalui aksi ini kita ingin hidupkan kembali pariwisata di Kecamatan Sumur ini," terangnya.

Ia juga berharap, kunjungan wisatawan ke Ujung Kulon kembali normal, sebab menurutnya, saat ini, destinasi wisata pantai di Taman Nasional Ujung Kulon sudah aman.

"Agar kunjungan wisatawan menjadi banyak akan tetapi selalu memperhatikan nilai nilai ekologi dan menjaga kawasan untuk tetap lestari," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ratusan Pegiat Alam di Banten Ikut Aksi #SavePulauOar

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top