Kamis, 02 Juli 2020 |
Pariwisata

Rasakan Sensasi Wisata Gua Bersejarah Leang Leang di Sulawesi Selatan

Kamis, 13 Apr 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 833 Pengunjung

gua laeng-laeng.*

[NEWSmedia] - Sulawesi Selatan memililiki destinasi wisata gua yang memiliki bersejarah, yakni Leang Leang yang berlokasi di kawasan Maros.


Dikutip dari Grivy, sebagai sebuah Taman Prasejarah, Leang Leang cukup terawat meskipun untuk bisa masuk ke sana, Anda tidak dapat melihatnya langsung dari jalan utama. Dengan berkendara melewati jalan beberapa kilometer, Anda pun akan melihat pintu masuk Leang Leang.

Apalagi sekarang jalanan di kawasan Leang Leang sudah cukup bagus dan beraspal. Leang Leang sendiri berada di dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, merupakan sebuah Pegunungan Karst, dan telah diakui sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah Pegunungan Karst yang ada di Guangzhou, China.

Leang Leang tercatat memiliki luas 43,750 hektar dengan 286 gua di dalamnya di mana ada lebih dari 30 gua prasejarah. Salah satu daya tarik utama Leang Leang bukan hanya Pegunungan Karst yang cantik, melainkan juga gua prasejarah yang dimilikinya karena di hampir di semua gua Leang Leang.
Anda dapat menjumpai gambar-gambar serta cetakan telapak tangan peninggalan zaman prasejarah. Selain cetakan telapak tangan, Anda pun dapat menjumpai gambar-gambar babi hutan, ikan, manusia, serta bentu-bentuk unik lainnya.

Pada masanya, gua-gua di Leang Leang merupakan tempat tinggal para manusia purba dan gambar-gambar serta cetakan telapak tangan merupakan bukti bahwa mereka pernah tinggal di sana. Saat Anda masuk ke gua-gua tersebut, disarankan untuk berhati-hati karena aksesnya lumayan sempit dan licin. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rasakan Sensasi Wisata Gua Bersejarah Leang Leang di Sulawesi Selatan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top