Minggu, 31 Mei 2020 |
Kesehatan

Rajin Tidur Siang Bisa Jadi Cara Menjaga Kesehata

Rabu, 18 Mar 2020 | 09:25 WIB Dibaca: 318 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - DI tengah pandemi virus Corona COVID-19, kita memang harus menjaga kesehatan agar sistem imunitas tubuh tetap terjaga. Pasalnya, ketika sistem kekebalan tubuh menurun kita menjadi rentan terhadap penyakit.

Memang saat ini virus Corona COVID-19 belum memiliki penangkal, dan satu-satunya cara jika sudah tertular adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh sehinigga tidak sakti.

Mengutip Readers Digest yang menjabarkan buku "The Secrets of People Who Never Sick", berikut beberapa tips agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Miliki banyak teman

Penelitian menemukan bahwa memiliki teman yang baik, dapat melindungi kita dari berbagai masalah, mulai dari kehilangan ingatan hingga serangan jantung dan penyakit menular.

Sydney Kling, mantan perawat dan guru, bahkan tidak ingat kapan dia mengalami penyakit selama 75 tahun hidupnya. Dia mengakui bahwa dengan terus mencari teman baru, maka membuat dia tetap sehat. Menurutnya, teman-teman tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, yang pada gilirannya mendukung sistem kekebalan tubuh.

Jangan Pelit Konsumsi Protein

Orang yang mengonsumsi lebih sedikit protein memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein setiap makan, sehingga Anda tidak rentan terhadap dinginnya AC kantor yang banyak menyebabkan orang sakit.

Biasakan tidur siang

Kurang tidur menyebabkan penambahan berat badan, mengarah ke sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan meningkatkan produksi kortisol, hormon yang memicu stres. Sarnoff Mednick, profesor psikologi di Universitas Southern California, tidak khawatir tentang hal-hal semacam itu.

Seperti yang disebutkan oleh Gene Stone dalam bukunya, The Secrets of People Who Never Sick, tidur siang akan membuat orang dewasa tidak pernah menderita pilek atau flu. Faktanya, sampai sekira abad ke-13 dan penemuan jam mekanis, manusia tidur siang setiap hari. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah antara pukul 13.00 hingga 15.00.

Jangan sering menyentuh wajah Anda

Jika Anda sering melakukan aktivitas dengan tangan anda, seperti membuka pintu, memencet tombol bahkan menggigit kuku, stop mengusap muka Anda. Setiap kali Anda mengusap wajah Anda.

Dan Collins, yang bekerja di sebuah rumah sakit Baltimore, mengatakan kebiasaan mencuci tangan sepanjang waktu, dan menyeka dengan tisu bersih setelah membuka pintu atau menyentuh tombol lift dapat membunuh kuman dan bakteri.

Selain itu, jika ada bagian tubuh yang gatal jangan digaruk kecuali telah membersihkan jari terlebih dahulu. Sebagai gantinya, gunakan buku jari atau punggung tangan, karena area ini memiliki lebih sedikit kontak dengan kuman daripada ujung jari. [Okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rajin Tidur Siang Bisa Jadi Cara Menjaga Kesehata
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top