Selasa, 13 April 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Rajin Olahraga Kurangi Resiko Alzheimer

Rabu, 05 Jul 2017 | 09:00 WIB Dibaca: 2547 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Olahraga merupakan cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit. Salah satu penyakit yang bisa dihindari dengan berolahraga adalah Alzheimer. Orang-orang yang secara genetik memiliki risiko mengalami Alzheimer tampaknya harus rajin berolahraga.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang atau lebih akan membuat pola metabolisme di otak menjadi lebih sehat. Penelitian ini melibatkan 93 orang dewasa dengan rata-rata usia 64 tahun yang memiliki Alzheimer atau variasi gen yang menyebabkan Alzheimer.

Guna memperjelas hubungan antara aktivitas otak dengan olahraga, peserta penelitian memakai accelerometer selama seminggu untuk mengukur aktivitas fisik sehari-hari. Mereka juga melakukan pemindaian Positron Emission Tomography (PET) untuk mengukur metabolisme glukosa serta mengungkapkan kesehatan dan aktivitas neuron di beberapa wilayah otak.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang menghabiskan setidaknya 68 menit untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang memiliki metabolisme glukosa yang lebih baik di beberapa wilayah otak. Sedangkan mereka yang melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan, metabolisme glukosa yang baik hanya terjadi di hippocampus.

Memang diperlukan latihan dengan intensitas tinggi agar memberikan manfaat lebih untuk otak. Namun hal itu tidak perlu dilakukan secara ekstrim. “Aktivitas ringan memang tidak mencukupi untuk memberikan manfaat olahraga pada otak. Namun aktivitas yang terlalu kuat juga mungkin tidak diperlukan,” ujar Ozioma Okonkwo, asisten profesor kedokteran di University of Wisconsin School of Medicine and Public Health seperti yang dikutip dari TIME, Selasa (4/7/2017).

Mengukur hubungan antara aktivitas fisik intensitas sedang dengan kesehatan otak adalah langkah penting dalam penelitian Alzheimer. Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat hubungan sebab akibatnya. Namun Okonkwo menunjukkan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara metabolisme glukosa dan fungsi kognitif.

“Kami ingin menunjukkan bahwa sekarang gaya hidup melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang benar-benar meningkatkan fungsi neuron. Orang dapat memilih sendiri langkah apa yang akan mereka ambil untuk melindungi otak mereka dari penyakit Alzheimer, terutama bagi mereka yang memiliki risiko genetik tinggi. Tidak ada kata terlambat untuk memulai agar Anda merasakan manfaat dari olahraga,” tutur Okonkwo. [okz] 

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rajin Olahraga Kurangi Resiko Alzheimer
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top