Kamis, 25 Februari 2021 |
News Gallery

Rahasia di Balik Puasa, Melatih Takwa

Selasa, 12 Jun 2018 | 03:02 WIB Dibaca: 554 Pengunjung

Suasana saat anak-anak di Irak membaca Alquran berjemaah.*

[NEWSmedia] - Tujuan dari ibadah puasa Ramadan bukan sekadar meraih pahala. Lebih dari itu, puasa merupakan jalan menuju ketakwaan.

Hal ini dijamin Allah SWT dalam Surat Al Baqarah ayat 183.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagai diwajibkan atas orang-orang sebelummu supaya kamu bertakwa."

Pakar Tafsir Quraish Syihab memaknai takwa mengandung arti perintah untuk menghindarkan diri dari siksa Allah SWT. Seperti kita ketahui, siksa Allah terbagi menjadi siksa dunia dan akhirat.

Siksa dunia muncul akibat pelanggaran terhadap ketetapan Allah di alam semesta. Sedangkan siksa akhirat terjadi karena pelanggaran terhadap aturan syariah, seperti meninggalkan sholat dan sebagainya.

Mengutip Muhammad Abduh, Quraish menjelaskan menghindarkan diri dari siksa Allah dijalankan dengan menjauhkan diri dari segala yang telah dilarang-Nya serta patuh pada segala perintah-Nya.

Ciri orang yang bertakwa adalah adanya rasa takut dalam dirinya terhadap siksa Allah. Orang bertakwa adalah mereka yang merasakan kehadiran Allah setiap saat.

Memang, bertakwa bisa dilakukan lewat banyak sekali cara. Terutama dengan puasa yang merupakan ibadah unik sebab meneladani sifat-sifat Allah SWT. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Rahasia di Balik Puasa, Melatih Takwa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top