Rabu, 18 Juli 2018 |
News Room

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi H-3 sampai H-1 Lebaran

Senin, 11 Jun 2018 | 14:09 WIB Dibaca: 204 Pengunjung

Kapolri, Kementerian PMK dan Panglima TNI saat di Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon, Senin (11/6/2018).*

CILEGON, [NEWSmedia] - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian menyebutkan, puncak arus mudik di Pelabuhan Merak terjadi pada H-3 sampai H-1 lebaran.

Sebab menurutnya, berdasarkan pantauan udara dan laporan yang diterima, pihaknya mendapatkan informasi bahwa belum terjadi kepadatan yang berarti di pelabuhan tersebut.

"Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak ini belum terjadi, mungkin karena ada beberapa pemudik yang menggunakan moda transportasi lain sehingga mereka yang ekonominya rendah, menggunakan kapal masih sedikit," kata Tito saat meninjau arus mudik di Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon, Senin (11/6/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya bersama instansi terkait telah mempersiapkan skenario jika suatu waktu terjadi peningkatan arus mudik di Pelabuhan Merak.

"Kita sudah menyiapkan skenario kalau tejadi kepadatan di puncak mudik pada H-3, H-2 dan H-1, di pelabuhan sudah menyiapkan konfidensi dalam bentuk pengelolaan kendaraan roda dua di Dermaga VI," jelasnya.

Ia menerangkan, selain mengoptimalkan pelayanan di Dermaga VI, pihak ASDP juga telah menyiapkan kapal besar dengan portime atau waktu loading yang dipersingkat.

"Kalau kepadatan sampai tumpah ke tol, maka otomatis semua personel diperkuat, mulai dari penjagaan di gerbang tol, tenaga kesehatan, kemudian juga kesiapan yang lainnya sehingga masyarakat tidak terjebak dalam kesulitan," terangnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, berdasarkan pantauan hari ini dari udara, jalan tol menuju Pelabuhan Merak terpantau lancar dan kendaraan yang menuju masuk pelabuhan juga relatif lancar.

"Namun data dari Dirut ASDP menunjukan dibanding tahun sebelumnya, baik pejalan kaki, roda dua, roda empat dan lebih relatif baru 30 persen, kalau truk sudan diatas 60 persen," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi H-3 sampai H-1 Lebaran
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top