Selasa, 04 Agustus 2020 |
News Room - Hukum

Puluhan Jerigen Miras Oplosan Jenis Ciu di Tangerang Disita

Rabu, 11 Apr 2018 | 16:17 WIB Dibaca: 636 Pengunjung

Puluhan jerigen minuman oplosan diamankan di Polda Banten, Rabu (11/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ditresnarkoba Polda Banten berhasil mengamankan 54 jerigen minuman oplosan jenis ciu, 140 plastik anggur dan 298 botol miras merek lainnya di Wilayah Industri Jatake, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Rabu (11/4/2018).

Dirresnarkoba Polda Banten, Kombes Pol Yohanes Herwono mengatakan, minuman tanpa izin edar tersebt disita saat pihaknya melakukan operasi cipta kondisi di tiga wilayah hukum Polda Banten, yaitu Tangerang, Kota Cilegon dan Kabupaten Pandeglang.

"Dari informasi yang kami dapat, kita langsung melakukan penyelidikan dan kita temukan tempat pembuatan ciu di kawasan Industri Jatake, Tangerang. Ada 54 Jerigen, kurang lebih 1.620 liter yang siap dikirim ke toko-toko di wilayah Banten," kata Yohanes kepada awak media.

Ia menuturkan, peredaran minuman oplosan tersebut sudah sangat mengkhawatirkan, sebab menurutnya, sudah banyak korban yang meninggal dunia di beberapa daerah di Indonesia akibat minuman harsm tersebut.

"Oleh karena itu kita gelar giat cipta kondisi di seluruh Polres Jajaran Polda Banten untuk memutus peredaran minuman oplosan di Wilayah Hukum Polda Banten," tuturnya.

Ia mengungkapkan, para penjual dan pembuat minuman oplosan tersebut, dapat dikenakan sangsi pidana berupa kurungan penjara maksimal 15 tahun atau denda sebesar 1,5 milyar Rupiah.

"Tersangka masih kita lakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. Kita dapat jerat dengan pasal 197 Undang-undang nomor 3 tahun 2009 tentang kesehatan. Ancaman hukuman 15 tahun atau denda maksimal 1,5 milyar," pungkasnya.

Untuk diketahui, data keseluruhan hasil operasi cipta kondisi yang dilakukan di wilayah hukum Polda Banten adalah sebagai berikut:

Ditresnarkoba Polda Banten:
Berhasil menyita 54 jerigen minuman oplosan, 140 plastik Anggur Buah siap jual serta 298 botol miras beberapa merk yaitu 54 jerigen minuman oplosan jenis ciu.

Polresta Tangerang:
Berhasil menyita 247 botol miras dan  2.225 plastik minuman oplosan jenis ciu.

Polres Kota Cilegon:
Berhasil menyita 43 botol miras dan 80 plastik anggur buah siap edar.

Polres Kabupaten Pandeglang:
Berhasil menyita 8 botol miras dan 60 plastik anggur buah siap edar. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Puluhan Jerigen Miras Oplosan Jenis Ciu di Tangerang Disita
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top