Selasa, 11 Desember 2018 |
News Gallery - Tekno

Pulang Kampung Pakai Motor, Setel Jarak Bebas Kopling dan Gas

Sabtu, 09 Jun 2018 | 13:04 WIB Dibaca: 257 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Menjelang mudik lebaran, banyak hal yang harus diperhatikan bagi para pemudik yang ingin bepergian dengan menggunakan sepeda motor. Hal ini semata-mata untuk menjaga keamanan dan keselamatan. 

Technical Training PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan beberapa komponen yang harus dicek kesiapannya adalah ban. Pastikan kondisinya tidak habis atau aus agar memiliki daya cengkram optimal. 

Ketahui batas maksimal ban masih aman dengan ketebalan pola tapak yang masih dapat digunakan. "Untuk lebih aman, gantilah ban sebelum melewati batas maksimal ban motor," ujarnya, Jumat 8 Juni 2018.

Lalu, cek tingkat keuasan kampas rem. Ini bisa dilihat dengan periksa ketebalan kurang dari dua milimeter. Pastikan juga minyak rem dalam kondisi sesuai batas ukur terutama yang sudah memiliki jangka waktu lebih dari dua tahun.

"Jika tuas rem terlalu keras atau terlalu dalam, segera bawa ke bengkel. Jika masih gunakan rem tromol periksa dengan indikator panah yang ada di tuas, jika bertemu lakukan penggantian rem," tutur dia. 

Jangan lupakan juga tuas gas dan tuas kopling. Kondisi tuas gas dapat dicek dengan cara putar gas hingga mentok lalu lepas. Jika tuas gas kembali dengan cepat, artinya berkondisi baik. 

Namun jika tuas gas kembali dengan lambat, bisa diakibatkan pengkaratan pada tuas gas dan harus cepat lakukan perbaikan ke bengkel," tutur dia. [viva] 

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pulang Kampung Pakai Motor, Setel Jarak Bebas Kopling dan Gas

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top