Selasa, 16 Juli 2019 |
News Room - Politik

PSI Kota Serang, Parpol yang Pertama Mendaftarkan Caleg ke KPU

Sabtu, 14 Jul 2018 | 18:42 WIB Dibaca: 759 Pengunjung

Ketua DPD PSI Kota Serang saat mendaftar di Kantor KPU Kota Serang, Sabtu (14/7/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019 sudah dibuka sejak 4 Juli sampai 16 Juli mendatang. Namun masih sedikit partai politik (parpol) yang mendaftarkan bacalegnya ke  Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Di KPU Kota Serang, baru ada satu parpol yang mendaftarkan bacalegnya, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai baru yang mengusung jargon partainya anak muda itu mendaftarkan sebanyak 23 bacaleg untuk DPRD Kota Serang ke KPU Kota Serang, Sabtu (14/7/2018).

Ketua DPD PSI Kota Serang, Aminuddin mengatakan, 23 bacaleg tersebut merupakan hasil seleksi dan PSI sengaja tidak mengisi kuota 100 persen dari 45 alokasi kursi di DPRD Kota Serang.

"Memang kursi tidak seratus persen kami isi, karena pertimbangannya kalau memang diisi semua, tapi kualitasnya kurang akhirnya kami mempertimbangkan lagi. Kami ingin kursi ini (caleg) semuanya berkualitas," kata Amin.

Ia menjelaskan, saat pendaftaran tersebut, pihaknya tidak menemukan kendala yang berarti, hanya sedikit hambatan saat memasukkan data ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

"Tidak ada hambatan apapun, sedikit kesulitan hanya di silon saja yang loading kurang baik, tapi Alhamdulillah PSI tidak ada kendala dan semua memenuhi syarat dan mudah-mudahan tidak ada kekurangan dari segi persyaratan," ujarnya.

Keterwakilan Perempuan di PSI Melebihi 30 Persen

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat mengatakan, dari 23 bacaleg yang didaftarkan PSI, keterwakilan perempuan sebanyak 43,48 persen.

"Setelah diteliti model B surat pencalonan, B1 pencalonan masing-masing dapil, B2 pernyataan dari pimpinan parpol dan B3 pakta integritas semua memenuhi syarat," kata Fierly.

Ia juga menuturkan, tahap selanjutnya, pihaknya akan memeriksa berkas syarat dari masing-masing calon dan berita acara hasil pemeriksaan (BAHP) akan disampaikan pada 21 Juli 2018.

"Sesuai tahapan, kalau ada berkas yang kurang lengkap atau tidak sah, mereka harus memperbaiki pada tanggal 22 sampai 31 Juli 2018," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

PSI Kota Serang, Parpol yang Pertama Mendaftarkan Caleg ke KPU
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top