Minggu, 13 Juni 2021 |
News Room

PSBB Jabodetabek, KCI Klaim Tak Ada Penumpukan Penumpang KRL

Selasa, 21 Apr 2020 | 12:07 WIB Dibaca: 467 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengklaim tidak ada penumpukan penumpang kereta pada Senin (20/4), atau hari pertama kerja saat status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) efektif dijalankan di seluruh Jabodetabek.

Manager External Relations PT KCI, Adli Hakim menjelaskan berdasarkan pemantauan pihaknya, hanya terdapat antren di sejumlah stasiun KRL pada pagi tadi dan telah terurai dengan cepat.

"Situasi hari Senin ini kontras dengan Senin pada pekan lalu. Antrean di stasiun maupun upaya jaga jarak di dalam kereta hari ini dapat terbentuk dengan lebih baik," kata Adli.

"Petugas juga sudah mengatur jumlah pengguna yang akan naik sehingga ketika KRL berangkat kondisinya memungkinkan untuk mengakomodir pengguna dari stasiun-stasiun lain," tambah dia.

Salah satu stasiun yang mengalami antrean penumpang, kata dia, adalah Stasiun Cilebut, namun antrean tersebut terurai sepenuhnya menjelang pukul 08.00 WIB. siun itu.

Kondisi antrian di Stasiun Cilebut sempat diunggah oleh akun Instagram @jktinfo. Akun itu menampilkan tiga slide foto memperlihatkan antrian penumpang Stasiun Cilebut, Bogor yang mengular hingga luar halaman stasiun.

Calon penumpang yang mengantre tampak menjaga jarak, namun  tak sampai satu meter sesuai imbauan physical distancing.

"Antrean pengguna menjelang masuk stasiun Cilebut terjadi karena masih banyak masyarakat yang hendak beraktivitas menggunakan KRL," kata dia.

Pemicu lain dari antrean karena petugas di stasiun harus membatasi penumpang yang akan memasuki peron dan kereta untuk memberlakukan physical distancing.

"Pengguna KRL di Stasiun Cilebut hari ini Senin (20/4) sudah turun jumlahnya dibanding hari Senin lalu. Sampai dengan pukul 08.00 WIB tercatat ada 2.015 pengguna yang keluar masuk Stasiun Cilebut. Berbeda dengan Senin (13/4) lalu sampai pukul 08.00 WIB tercatat ada 2.888 pengguna," jelas dia.

KCI mencatat penurunan tren penumpang KRL pada pekan kedua PSBB juga terjadi di Stasiun Bogor. Hingga pukul 08.00 WIB, stasiun itu melayani 4.741 penumpang atau turun 1.241 penumpang dibanding waktu yang sama pada Senin 13 April lalu.

Penurunan pun terpantau di Stasiun Bojonggede, Stasiun Citayam, Stasiun Bekasi. Adil menambahkan PT KCI belum melakukan perubahan operasional KRL selama penerapan PSBB di seluruh wilayah Jabodetabek. 

"Untuk jam operasional masih sama (pukul) 06.00-18:00 WIB, dengan jam keberangkatan dari wilayah-wilayah penyangga DKI Jakarta di pagi hari jam 05:00," jelas Adli.

"Untuk rangkaian yang beroperasi hari ini juga tetap sama, 88 rangkaian kereta," kata dia. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

PSBB Jabodetabek, KCI Klaim Tak Ada Penumpukan Penumpang KRL

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top