Sabtu, 06 Juni 2020 |
News Room - Pemerintahan

Proyek Nasional Mengubah Tata Ruang Wilayah, Masyarakat Banten Jangan Jadi Penonton

Kamis, 07 Sept 2017 | 14:19 WIB Dibaca: 776 Pengunjung

Kepala Bappeda Banten Hudaya Latuconsina.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten mengubah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Banten yang sebelumnya telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Banten Tahun 2010-2030.

Diketahui, dokumen RTRW merupakan landasan dan acuan pembangunan di daerah, yang di dalamnya mencakup pemetaan zonasi pembangunan.

Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, penataan ruang dan wilayah di Banten harus diubah atau dilakukan penyesuaian karena beberapa faktor.

Menurutnya, keberaaan proyek strategis nasional di Banten menjadi salah satu faktor yang membuat penataan ruang dan wilayah di Provinsi Banten harus diubah.

Akan tetapi, kata Hudaya, pemerintah perlu memikirkan mitigasi sosial dari keberlangsungan proyek nasional tersebut, terutama dampak positif bagi masyarakat di sekitar.

"Yang dimaksud mitigasi sosial, antisipasi. Kita ingin masyarakat Banten ini tidak hanya menjadi penonton (dengan adanya proyek nasional)," ujarnya.

Selain karena adanya proyek strategis nasional, lanjut Hudaya, RTRW Provinsi Banten diubah karena adanya perubahan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dan perubahan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2017 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

"RPJMN 2016 mengalami perubahan, sebelum itu tahun 2012 ada Perpres Nomor 2 tahun 2012 tentang RTRWN Jawa Bali, proyek strategis nasional dan RTRW 2017 ini. Tentu harus kita adaptasikan," kata Hudaya, kepada wartawan, Rabu (6/9/2017).

Hudaya mengungkapkan sekitar 11,88 persen penataan ruang dan wilayah di Banten dilakukan penyesuaian atau perubahan. Menurutnya, hal yang paling berdampak dari revisi RTRW ini adalah di sektor perindustrian. [ahi/ard]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Proyek Nasional Mengubah Tata Ruang Wilayah, Masyarakat Banten Jangan Jadi Penonton
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top