Selasa, 11 Desember 2018 |
News Room

Program Pamsimas di Serang Bantu Warga Dapatkan Air Bersih

Rabu, 10 Okt 2018 | 14:30 WIB Dibaca: 287 Pengunjung

Kunjungan Program Pamsimas ke Desa Sukadalem, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Rabu (10/10/2018). [ist]*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 24 Orang Peserta pelatihan penguatan kapasitas Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) terjun langsung ke Balai Desa Sukadalem, Kecamatan Waringinkurung, Kabuten Serang, Rabu (10/10/2018).

Perwakilan ketua rombongan, Irham mengatakan, pihaknya merasa sudah cukup puas untuk study lapangan melihat sumber air, sanitasi dan fasilitas umum yang ada di desa tersebut.

"Sejauh ini peserta dari beberapa kelompok dan ibu kadis menyatakan keberadaan pamsimas di sini sangat memuaskan," kata Irham.

Sementara itu, Konsultan Pamsimas Provinsi Banten, Putra menambahkan, KP-SPAMS Sejahtera yang berada di sesa tersebut telah berdiri sejak tahun 2012.

"Melalui kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan, KP-SPAMS, kelompok pengelola air minum dan sanitasi, dari kunjungan, melihat langsung, ini membuktikan bahwa masih jalan, padahal di desa ini kedalaman air mencapai 25 meter untuk pengeborannya," tambahnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sukadalam Suryani mengungkapkan rasa bangga dengan adanya kegiatan kunjungan tersebut.

"Saya sangat bangga, ada pelatihan dan teknik di desa kami, untuk lebih tau mendalam tentang sampai maju air bersih di desa kami," kata Suryani

Ia juga berharap agar kedepan desanya maju dan lebih baik, bukan hanya air bersih saja tapi semua hal, sebab mennurutnya, pada awal pendirian Pamsimas di desa tersebut, masyarakat belum menyadari bahwa air merupakan hajat hidup masyarakat.

"Dulu sangat susah, katanya air engga bayar, yang bayar pemerintah, tapi bayar listrik untuk perawatan, tapi setelah dikasih arahan mereka sadar dan tiap bulan bayar, adapun untuk bayarannya disesuaikan dengan penggunaannya." Pungkasnya.

Untuk diketahui, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), merupakan program yang turut dinaungi oleh empat kementerian, yaitu Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Program Pamsimas di Serang Bantu Warga Dapatkan Air Bersih

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top