Minggu, 07 Juni 2020 |
News Room - Banten Memilih

Program Cagub Banten Wahidin Halim, Merevitalisasi Lontar Menjadi Desa Nelayan

Kamis, 24 Nov 2016 | 10:27 WIB Dibaca: 1398 Pengunjung

Calon Gubernur Banten Wahidin Halim di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Rabu (23/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Calon Gubernur Banten nomor urut satu, Wahidin Halim, Rabu (23/11/2016) pagi mendatangi Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. Ia mengunjungi perkampungan nelayan dan membahas beberapa hal soal kehidupan nelayan, termasuk potensi perikanan dan kelautan untuk peningkatan ekonomi nelayan.

“Saya lihat ini potensial. Untuk memaksimalkan hasil laut, baik ikan maupun rumput laut, ya harus dibuat pasar untuk memasarkan produk mereka. Menurut saya ini sangat penting dan strategis,” kata Wahidn Halim saat berbincang dengan masyarakat di Desa Lontar, Tirtayasa, Kabupaten Serang.

Wahidin juga berjanji akan merevitalisasi kawasan Lontar, dan menjadikannya sebagai desa nelayan, sehingga nantinya hanya akan dikhususkan bagi aktivitas nelayan.

“Yang pertama adalah perlu dirintis lagi upaya hutan bakau, kemudian membangun tanggul laut untuk mencegah abrasi yang semakin parah. Dan yang terpenting, bagaimana mengkaji ulang penambangan pasir laut,” ucap Wahidin.

Untuk memudahkan masyarakat dalam memasarkan hasil laut, termasuk produk-produk olahannya, WH berjanji jika diberi amanah menjadi Gubernur Banten akan membangun jalan terintegarasi sepanjang pantai di Banten, termasuk menuju kawasan pantai di Desa Lontar.

WH mengungkapkan kehidupan nelayan semakin termarjinalkan oleh kepentingan-kepentingan pemilik modal, salah satunya adalah dengan adanya aktivitas penambangan pasir laut.

“Saya akan minta Amdal-nya, saya akan buatkan analisisnya, terus bagaimana eksesnya terhadap masyarakat. Apapun kesimpulan hasil analisanya, ya saya akan bela rakyat. Saya akan bela rakyat saya. Saya bukan orang yang gampang diajak berdamai pada soal-soal yang berhubungan dengan kepentingan rakyat. Saya harus menyatakan sikap dengan tegas dan jelas,” tutur WH.

Wahidin menegaskan, laut menjadi satu-satunya mata pencaharian para nelayan, dan perlu ada kebijakan dan komitmen yang melindungi kehidupan para nelayan.

“Banyak nelayan menggantungkan hidupnya di laut, jangan sampai nanti nelayan menjadi korban akibat tidak adanya aturan-aturan yang jelas. Pemilik modal bisa dibilangin. Pemilik modal masih bisa kita arahkan, tega kah lihat rakyat menjadi kaum termarjinalkan, menjadi miskin? Apa mau kita menzalimi hak mereka?” kata calon gubernur yang didukung tujug partai politik tersebut. [hed]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Program Cagub Banten Wahidin Halim, Merevitalisasi Lontar Menjadi Desa Nelayan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top