Jumat, 22 Juni 2018 |
News Room

Presiden Jokowi Luncurkan Program Bank Wakaf di Banten

Rabu, 14 Mar 2018 | 17:15 WIB Dibaca: 359 Pengunjung

Presiden Joko Widodo saat meluncurkan Program Bank Wakaf di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Rabu (14/03/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program Bank Wakaf Mikro An-Nawawi Tanara, di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Rabu (14/03/2018).

Tiba sekitar pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi langung melihat aktivitas Bank Wakaf Mikro An-Nawawi Tanara, bahkan ia mengaku, dirinya bertemu dengan pengurus bank dan juga nasabah-nasabah yang telah diberi pinjaman dari bank wakaf mikro tersebut.

“Saya menangkap ada sebuah motivasi, ada sebuah dorongan kuat dari ibu-ibu untuk menambah penghasilan keluarganya lewat bank wakaf mikro,” kata Jokowi.

Saat bertanya kepada nasabah, menurut Presiden, nasabah tersebut mendapatkan pinjaman pertama Rp1 juta, lalu bergulir dengan baik sehingga ditambah Rp2 juta dan bahkan, jika usahanya berkembang lebih baik lagi, dana pinjaman ke nasabah tersebut akan ditambah menjadi Rp3 juta.

"Yang penting ibu-ibu jangan minjem uang sama rentenir," selorohnya.

Jokowi menambahkan, terlebih dahulu sebelum sampai ke bank mikro wakaf itu para nasabah ikut pengajian lebih dahulu, lalu ada ikrar, dan di situ dibentuk kelompok-kelompok sehingga antar nasabah ini saling mengingatkan.

“Inilah sebuah proses gandeng renteng yang nantinya kita harapkan bank wakaf mikro ini ada di seluruh pesantren yang ada di Republik kita ini,” ucap Kepala Negara.

Kepada nasabah, Presiden Jokowi juga mengaku telah menanyakan besaran cicilan, yang dijawab setiap minggu harus diangsur sebesar Rp26.000 dan hanya dikenakan biaya administrasi tiga persen setiap tahunnya.

“Jadi dapat dikatakan enggak membebani sama sekali. Bayangkan dengan bank biasa, bank konvensional itu sekarang bunganya mungkin 12%, apalagi kalau ke rentenir bisa 40% sampai 50% atau bahkan sampai 60%,” tuturnya.

Sementara itu, Pangasuh Pondok Pesantren Tanara yang juga Ketua MUI, Ma’aruf Amin mengatakan, Bank Wakaf Mikro mempraktekkan pola pembangunan dari bawah ke atas (bottom up).

"Hal ini kebalikan dari kebijakan yang selalu diambil pemerintahan sebelumnya yang lebih banyak berorientasi dari atas ke bawah (up-down)" pungkasnya.

Untuk diketahui, setelah meluncurkan Bank Wakaf, Presiden Jokowi beserta rombongan menuju Kota Serang untuk menyerahkan bantuan program KIP, PKH dan sertifikat tanah kepada ribuan warga Banten. [hms]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Presiden Jokowi Luncurkan Program Bank Wakaf di Banten
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top