Jumat, 10 April 2020 |
News Room - Pendidikan

Presiden Buka Olimpiade Matematika dan Sains Internasional di Kota Tangerang

Kamis, 10 Nov 2016 | 08:11 WIB Dibaca: 1500 Pengunjung

Para peserta International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) for Primary school dari 22 negara saat acara pembukaan di Allium Hotel, Kota Tangerang, Rabu (9/11/2016) malam. (Foto: Liputan6)

TANGERANG, [NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo membuka International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) for Primary school atau Olimpiade Matematika dan Sains Internasional di Allium Hotel, Kota Tangerang, Rabu (9/11/2016) malam. Ajang yang berlangsung 10-12 November 2016 di Kota Tangerang, Banten itu diikuti para pelajar SD dari 22 negara.

“Saya berharap, keluar dari perlombaan ini peserta yang mewakili 22 negaranya mampu menjadi duta matematika dan sains. Kemudian mengaplikasikannya bagi kehidupan,” kata Jokowi dalam sambutan di acara pembukaan.

Presiden mengaku bangga Indonesia terpilih menjadi tuan rumah untuk 431 siswa SD terpilih yang mewakili masing-masing negaranya. Menurutnya, untuk mempelajari matematika dan sains bukan sesuatu yang mudah.

Dia meyakini ajang olimpiade ini mampu mencetak ahli matematika dan sains asal Indonesia. Bila ditekuni dan dibina, di masa depan akan lahir ilmuwan baru Indonesia yang akan mengaplikasikan temuannya untuk dunia.

“Sebab sebagaimana kita ketahui, sains itu ilmu yang juga bisa mempelajari asal usul kehidupan. Maka sangat penting mempelajarinya,” tutur Jokowi.

Jumlah pelajar yang mengikuti IMSO 2016 ini sebanyak 431 orang yang merupakan delegasi dari 22 negara, seperti Indonesia, Iran, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Bulgaria, Rumania, Asia, India, Mongolia, Sri Lanka, Kazakhstan. Para peserta terdiri dari pelajar kelas IV, V, dan VI SD.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy mengapresiasi penyelenggaraan International Mathematical and Science Olympiad (IMSO) 2016 yang diselenggarakan di Kota Tangerang, Banten. Ia berharap, para pelajar Indonesia dapat maksimal berkompetisi pada ajang internasional ini.

“Saya mengapresiasi, semoga indonesia bisa diperhitunkan dalam dunia pendidikan,” kata Muhadjir.

Dalam olimpiade ini, Banten mengiriman 12 delegasi, yang seluruhnya berasal dari Kota Tangerang. Dari 12 pelajar itu, 6 orang akan mewakili di cabang matematika dan 6 orang lainnya di cabang sains.

“Dari ribuan pelajar di Indonesia yang mengikuti test, alhamdullilah pelajar dari Banten yang asli dari Tangerang lolos mengikuti olimpiade ini,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Arief mengatakan, pelajar dari Kota Tangerang yang lolos mengikuti IMSO 2016 ini akan dibina oleh pemerintah untuk diasah menjadi ahli matematika dan sains.

“Ini juga menjadi ajang silaturahmi antar-peserta dari 22 Negara. (Delegasi) harus tukar pikiran, memperkenalkan budaya khas Indonesia dan saling memberikan pengetahuan,” kata Arif. [rep/Ildhan]

Penulis: Ildhan Firmansyah
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Presiden Buka Olimpiade Matematika dan Sains Internasional di Kota Tangerang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top