Kamis, 09 Juli 2020 |
News Room - Hukum

Polres Serang Kota Ungkap Penipuan Jual Beli Kacang Senilai Rp81 Juta

Kamis, 30 Agt 2018 | 20:19 WIB Dibaca: 596 Pengunjung

Pemeriksaan terhadap para tersangka penipuan jual beli kacang di Mapolres Serang Kota, Kamis (30/8/2018). [ist]*

SERANG, [NEWSmedia] - Sat Reskrim Polres Serang Kota yang dibantu oleh Unit Reskrim Polsek Serang berhasil mengungkap kasus penipuan transaksi jual beli kacang sangrai dengan total mencapai Rp81 juta.

Kasatreskrim Polres Serang Kota, AKP Ricardo Hutasoit mengatakan, dari pengungkapan kasus tersebut, pihaknya mengamankan tiga tersangka atas nama ND, OD dan UH di Wilayah Jakarta.

"Mereka melakukan transaksi jual beli secara online melalui media sosial facebook untuk memesan Kacang Sangrai sebanyak 113 karung dengan berat 5.806 Kilogram dari wilayah Kediri," kata Ricardo melalui telepon selulernya, Kamis (30/8/2018).

Ia menjelaskan, awalnya para tersangka akan menurunkan kacang tersebut di wilayah Bogor, namun tiba-tiba pelaku merubah rute pesanannya ke wilayah Kota Serang yaitu Pasar Induk Rau, setelah barang diturunkan, para pelaku membawa barang tersebut dan hanya membayar Rp14 juta.

"Kesepakatan awal Rp81 juta, pelaku berjanji akan melakukan sisa pembayaran melalui via transfer, namun hingga berbulan-bulan tidak ada pembayaran sehingga korban melaporkan kasus ini di Mapolsek Serang di mana tempat mereka melakukan transaksi," jelasnya.

Di tempat berbeda, Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Serang, Ipda Juwandi mengatakan, para tersangka sempat buron lantaran minimnya informasi yang diterima tentang data pelaku, namun setelah ditelusuri dari akun facebook dan nomor kontak yang digunakan tersangka, pihaknya berhasil menemukan tersangka tersebut.

"Kami amankan ditempat terpisah, di wilayah Jakarta, di Pasar Rebo dan Pasar Induk Kramatjati, untuk barang bukti sudah tidak kami temukan karena sudah dijual para tersangka ke wilayah Lampung. Kita masih lakukan pemeriksaan kepada ketiga tersangka untuk mengetahui modus pelaku dan seberapa sering pelaku melakukan aksi seperti ini," kata Juwandi.

Untuk diketahui, saat ini ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan secara intensif untuk mengetahui kemungkinan adanya komplotan lain yang juga ikut membantu melancarkan aksi mereka.

Sementara ketiganya akan mendekam di sell tahanan Mapolsek Serang dan diancam dengan pasal 372 atau 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Polres Serang Kota Ungkap Penipuan Jual Beli Kacang Senilai Rp81 Juta

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top