Jumat, 23 Oktober 2020 |
News Room - Peristiwa

Polres Pandeglang Dipraperadilankan, 3 Warga Tersangka Kasus Mayora Minta Dibebaskan

Senin, 27 Feb 2017 | 06:45 WIB Dibaca: 2673 Pengunjung

Posko perjuangan masyarakat Baros-Cadasari yang menolak keberadaan PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) yang berdiri di daerah setempat.*

SERANG, [NEWSmedia] - Hari ini, Senin (27/2/2017) Pengadilan Negeri (PN) Pandeglang akan menggelar sidang gugatan praperadilan tiga warga Baros, Kabupaten Serang yang menjadi tersangka perusakan di PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group), 6 Februari lalu.

Sehari menjelang sidang gugatan praperadilan, sejumlah warga Baros-Cadasari dan mahasiswa menggelar unjuk rasa di posko yang mereka dirikan di Kampung Honje, Desa Suka Indah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.

Aksi unjuk rasa digelar Minggu (26/2/2017) sekitar pukul 17.30 WIB. Dalam aksi itu warga dan mahasiswa yang tergabung dalam Komite Nasional Pembaharu Agraria (KNPA) mengajak masyarakat untuk ikut mengawal proses sidang praperadilan.

Mereka juga meminta masyarakat untuk bersatu padu menolak keberadaan PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) yang memproduksi produk air kemasan.

“Ini bentuk solidaritas mahasiswa terhadap tiga warga yang menjadi tersangka. Ini juga prakondisi untuk kita aksi besok saat praperadilan,” kata Hendra Wibowo, perwakilan mahasiswa yang mengikuti aksi unjuk rasa, Minggu (26/2/2017).

Diketahui bahwa tiga warga yang menjadi tersangka kasus perusakan di perusahaan tersebut adalah Fuadi, Bimbim dan Sya'ir. Ketiganya kini ditahan di Mapolres Pandeglang.

Kuasa Hukum dari LBH Rakyat Banten, Arfan Ramdani, mengatakan, sidang gugatan praperadilan diagendakan pembacaan permohonan gugatan. “Harapan kita sesuai apa yang diminta warga, yaitu agar ketiganya dibebaskan,” kata Arfan.

Menurut Arfan, penangkapan tiga warga yang kemudian dijadikan tersangka oleh aparat kepolisian Polres Pandeglang dianggap tidak sah dan cacat secara prosedur. Oleh karena itu, pihaknya sebagai kuasa hukum mengajukan gugatan praperadilan. [vredo]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Polres Pandeglang Dipraperadilankan, 3 Warga Tersangka Kasus Mayora Minta Dibebaskan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top