Jumat, 07 Agustus 2020 |
News Room - Hukum

Polisi Ciduk Tiga Pelaku Penambangan Pasir Laut Ilegal di Serang

Kamis, 16 Mar 2017 | 15:17 WIB Dibaca: 1570 Pengunjung

Kasat Reskrim Polres Serang, AKP Gogo Galesung saat gelar perkara pelaku penambangan pasir laut ilegal di Polres Cilegon, Kamis (16/3/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Tiga pelaku penambang pasir laut ilegal di kawasan Lontar, Kabupaten Serang, berhasil diciduk oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serang.
 
Menurut Kasat Reskrim Polres Serang, AKP Gogo Galesung, ketiga pelaku yang berinisial HP, MU dan SI ini diciduk polisi saat sedang melakukan aktifitas penambangan pasir laut. Ketiganya diketahui sebagai bandar pasir, yang perannya adalah membiayai dan mendanai aktifitas tambang pasir ilegal di wilayah pesisir utara laut Banten.
 
“Saat ditangkap, salah satu pelaku yang berinisial SI terpaksa harus menjalani perawatan di rumah sakit, karena saat penangkapan dirinya mengalami sakit ginjal. Ketiga pelaku diketahui telah melakukan penambangan pasir laut selama kurang lebih dua bulan, dengan omset hingga puluhan juta rupiah perbulannya,” ujar Gogo saat gelar perkara di Polres Cilegon, Kamis (16/03/2017).
 
Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan lima mobil pick up pengangkut pasir, puluhan sekop, beserta beberapa alat penyedor pasir.
 
Akibat Perbuatannya, pelaku akan diancam dengan pasal 158 junto pasal 37 dan 67 ayat 1 UU nomor 4 tahun 2009, tentang pertambangan mineral dan batu bara, serta pasal 109 junto pasal 36 uu no 32 tahun 2009 tentang pelindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dengan ancaman hukumannya diatas lima tahun penjara. [Firman]
 

Penulis: Firman
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Polisi Ciduk Tiga Pelaku Penambangan Pasir Laut Ilegal di Serang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top