Selasa, 16 Juli 2019 |
News Room

Polda Banten Luncurkan Aplikasi ‘Banten Bersatu’, di Dalamnya Ada Tombol Darurat

Senin, 23 Jan 2017 | 21:49 WIB Dibaca: 1526 Pengunjung

Launching aplikasi 'Banten Bersatu' di Alun-alun Barat Kota Serang, Senin, (23/1/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] – Kepolisian Daerah Banten meluncurkan aplikasi Android yang diberi nama ‘Banten Bersatu’. Aplikasi ini memuat fitur pengaduan masyarakat, peta petunjuk arah berbagai lokasi di Banten, Live CCTV, hingga tombol darurat yang khusus dipakai oleh pengguna jika dalam situasi bahaya.

Pada aplikasi ini terdapat informasi dan layanan dari Kepolisian, Pemerintah Daerah, DPRD, Kejaksaan, Pengadillan, TNI dan Bawaslu. Ada juga fitur ‘Banten Beriman’ yang berisi tausiah oleh ulama-ulama Banten.

Berikut fitur yang tersedia pada aplikasi ‘Banten Bersatu’ yang tersaji di Playstore:

Siskamling GO: Masyarakat dapat mengupload gambar atau video aktivitas yang dilakukan. Selain itu juga dapat melakukan pengaduan yang dapat ditujukan ke instansi terkait. Tiap pesan Siskamling GO yang dikirim dan ditampilkan untuk umum/publik, akan mendapatkan 10 Poin. Jika mencapai poin tertentu, akan ada kenaikan level dan mendapatkan penghargaan dari instansi terkait.

Info Layanan: Menyediakan berbagai informasi yang disediakan oleh berbagai instansi

Live CCTV: Menampilkan CCTV secara live di berbagai titik di Provinsi Banten.

Berita: Merupakan fitur yang berisi informasi kegiatan yang di lakukan berbagai instansi

Banten Beriman: Berisi tausiah oleh ulama-ulama Banten

City Guide: Menampilkan peta petunjuk arah berbagai lokasi yang ada di Provinsi Banten. Masyarakat dapat juga mempromosikan berbagai jenis usaha dan UMKM untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Banten.

DARURAT: Jika dalam situasi bahaya, bisa menekan tombol DARURAT. Pilih kondisi darurat yang sedang di alami. Petugas Polri dengan instansi terkait akan datang ke lokasi. Tombol DARURAT ini jangan dipakai coba-coba, karena ada pemblokiran account. Gunakan Tombol DARURAT dengan bijak.

“Aplikasi ini memang kita buat dalam waktu yang cukup singkat, hanya satu bulan. Saya berharap fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut bisa digunakan masyarakat dengan baik,” kata Kapolda Banten, Brigjen Pol Sigit Listyo saat ditemui usai launching di Alun-alun Barat Kota Serang, Senin, (23/1/2017).

Menurut Kapolda, aplikasi ini juga diluncurkan berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Banten 2017, dalam rangka kebersamaan serta menjaga  keamanan dan kondusivitas di masyarakat.

Diketahui, aplikasi ‘Banten Bersatu’ ini mendapatkan Rekor Muri Indonesia karena diunduh secara serentak oleh peserta terbanyak dalam waktu satu jam, yakni mencapai 5.502 user.

“Iya patut disyukuri aplikasi ini mendapatkan Rekor Muri Indonesia dengan pengunduh terbanyak secara serentak sebanyak 5.502 dari jumlah yang ditentukan yaitu 5.000,” terang Brigjen Sigit.

Launching aplikasi ini dihadiri Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB, serta elemen yang terkait dalam aplikasi tersebut. [vredo]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Polda Banten Luncurkan Aplikasi ‘Banten Bersatu’, di Dalamnya Ada Tombol Darurat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top