Selasa, 13 April 2021 |
News Room - Hukum

Polda Banten Awasi Aktivitas Mantan Anggota HTI 

Kamis, 27 Jul 2017 | 17:49 WIB Dibaca: 866 Pengunjung

HIzbut Tahrir Indonesia (HTI).*

SERANG, [NEWSmedia] - Setelah pemerintah mencabut badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), segala bentuk aktivitas dari ormas dan anggotanya tersebut akan diawasi oleh Kepolisian Daerah (Polda) Banten.

“Monitoring dan pengawasan terhadap ormas HTI terus dilakukan. Apalagi, setelah pemerintah mencabut status badan hukumnya,” kata Kabid Humas Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Zaenudin kepada wartawan, Kamis (27/7/2017).

Selain pengawasan terhadap kegiatan organisasinya, petugas tetap mengawasi seluruh kegiatan mantan anggota HTI. “Sampai saat ini belum ditemukan, termasuk ada tidaknya aktivitas bawah tanah,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD HTI Provinsi Banten M Asrifin mengatakan, pihaknya saat ini sudah menghentikan segala aktivitas HTI, termasuk menurunkan segala atribut di kantor DPD HTI di Perum Taman Lopang Indah Blok FS Nomor 8.

"Sesuai dengan perppu yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, kita secara otomatis tidak lagi melakukan aktivitas karena kita hormati itu," ujar Asrifin.

Pantauan di Sekretariat DPD HTI Banten, tidak terlihat ada aktivitas, kondisinya cenderung sepi. Namun, menurut keterangan warga sekitar, sejak pemerintah mengeluarkan Perppu No 2 Tahun 2017, segala aktivitas yang biasa dilakukan setiap malam sudah tidak ada lagi.

"Nempatin kantor itu udah enam bulanan. Kegiatan biasa malam hari kumpul-kumpul, tapi sekarang udah enggak ada," kata tetangga kantor Dayat.

Sekadar diketahui, status badan hukum Ormas HTI dicabut berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 lantaran dinilai telah melenceng dari ideologi Pancasila. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Polda Banten Awasi Aktivitas Mantan Anggota HTI 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top