Jumat, 05 Juni 2020 |
News Room - Pemerintahan

Plt Gubernur Banten: Bantuan Dana Desa Sudah Direncanakan

Senin, 14 Nov 2016 | 12:20 WIB Dibaca: 1526 Pengunjung

Plt Gubernur Banten Nata Irawan menyalami kepala-kepala desa usai Sosialisasi Pergub tentang Bantuan Keuangan Desa Se-Provinsi Banten di Hotel Istana Nelayan, Jatiuwung, Tangerang, Senin (14/11/2016). (Foto Humas)

TANGERANG, [NEWSmedia] - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Nata Irawan membenarkan tahun ini Pemerintah Provinsi Banten akan menyalurkan bantuan dana desa untuk seluruh desa di Provinsi Banten. Namun Nata membantah kucuran dana desa dari APBD Banten ini digunakan untuk kepentingan politik pencalonan petahana di Pilkada Banten.

“Dana yang kita kucurkan setiap desa sebesar Rp20 juta. Tetapi kita dan DPRD Provinsi Banten masih menggodok dana yang dikucurkan tersebut. Tahun ini akan kita sahkan, untuk waktunya kita serahkan ke DPRD Provinsi Banten aja,” kata Nata Irawan dalam acara Sosialisasi Peraturan Gubernur tentang Bantuan Keuangan kepada Desa Se-Provinsi Banten di Hotel Istana Nelayan, Jatiuwung, Kota Tangerang, Senin (14/11/2016).

Nata Irawan menegaskan bantuan keuangan untuk desa tidak ada kaitannya dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017. Adapun pencairan dana kepala desa bertepatan menjelang Pilkada Banten, bukan untuk mendukung calon manapun.

Berita terkait: Bantuan Desa Dari APBD Banten Rawan Dimanfaatkan untuk Pilgub

Ia berdalih pemberian bantuan keuangan untuk desa merupakan program yang direncanakan jauh-jauh hari oleh Pemprov Banten. Menurut Nata, bantuan dana untuk desa diberikan untuk menjalankan program-program pembangunan di desa.

“Kalau berkaitan dengan pilgub tidak. Ini program pemerintahan yang sudah direncanakan, jadi saya anggap tidak ada unsur di pilgub. Ini juga direncanakan dengan matang kok,” ucap Nata.

Nata menjelaskan, dana desa dikucurkan dari pemerintah pusat dan ada yang dari daerah. Jika digabungkan, kata dia, jumlahnya sudah cukup untuk melaksankan program pembangunan di desa tersebut.

“Kita juga memberikannya memang secara langsung ke desa-desa, dan dana tersebut untuk program pembangunan desa. Jadi dana itu oleh kepala desa jangan disalahgunakan, karena ini untuk masyarakat kita juga, agar desa lebih baik lagi,” katanya. [ildhan]

Penulis: Ildhan Firmansyah
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Plt Gubernur Banten: Bantuan Dana Desa Sudah Direncanakan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top