Jumat, 10 Juli 2020 |
News Room

PLN Siapkan Pengganti untuk PLTU Mangkrak yang Disorot Jokowi

Jumat, 10 Feb 2017 | 07:01 WIB Dibaca: 1102 Pengunjung

Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).*

[NEWSmedia] - Dalam kunjungannya ke Maluku, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri meninjau proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang mangkrak di Desa Tolehu, Maluku Tengah. Jokowi gelisah melihat proyek yang sudah dimulai sejak 6 tahun lalu itu.

Proyek yang dilihat Jokowi itu ialah PLTU Waai berkapasitas 30 MW, salah satu dari 34 proyek pembangkit mangkrak yang dibahas sejak tahun lalu.

PLTU Waai 2 x 15 MW termasuk dalam Fast Tracking Project (FTP) II, kontrak pembangunannya ditandatangani tahun 2010. Pengerjaannya mulai mandek pada Februari 2014. Kontraktor yang ditunjuk PLN mengalami masalah keuangan, kehabisan uang di tengah jalan akibat mismanajemen.

Untuk menutup defisit listrik yang timbul akibat tidak terselesaikannya PLTU Waai, PLN telah menyiapkan beberapa pembangkit pengganti. Yang pertama adalah kapal pembangkit listrik dari Turki, yang akan tiba di Maluku pada Maret 2017.

"Penggantinya (PLTU Waai), kita mau pasang kapal pembangkit berkapasitas 60-100 MW asal Turki. Kapalnya sampai di Maluku 1 bulan lagi, April sudah terpasang," kata Direktur Bisnis Regional Maluku-Papua PLN, Haryanto WS, saat dihubungi Dtf, Kamis (9/2/2017).

Kedua, akan dibangun pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Ambon Peaker kapasitas 30 MW. "Kontrak PLTMG Ambon Peaker 30 MW kita tanda tangan bulan Maret-April ini," katanya.

Haryanto menerangkan, saat ini beban puncak di Kota Ambon sekitar 58 MW, sedangkan total pasokan listrik adalah 68 MW, jadi masih ada surplus untuk cadangan daya (reserve margin) sebesar 10 MW.

Dengan adanya kapal listrik 100 MW dan PLTMG Ambon Peaker 30 MW, maka suplai listrik ke Ambon akan sangat berlebih, reserve margin hampir 100%, keandalan listrik dapat terjaga. PLTD-PLTD sewaan yang kurang efisien pun bisa disetop kontraknya. "Jadi tak perlu khawatir krisis listrik di Ambon," tukasnya.

Sistem kelistrikan setempat akan semakin kuat lagi karena pada 2021 ada PLTU 2 x 50 MW di Ambon dan PLTP Tulehu 2 x 10 MW. "PLTP Tulehu mulai dibangun tahun ini. Di RUPTL (Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik) pada 2021 ada PLTU 2 x 50 MW di Ambon," tutupnya. [Dtf]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

PLN Siapkan Pengganti untuk PLTU Mangkrak yang Disorot Jokowi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top