Senin, 17 Desember 2018 |
News Room - Politik

PKB Banten Sasar Pesantren Lewat Lomba Kitab Kuning

Minggu, 25 Nov 2018 | 23:35 WIB Dibaca: 224 Pengunjung

Musabaqoh Kitab Kuning di Pondok Pesantren Attaufiqiyyah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, yang diselenggarakan DPW PKB Provinsi Banten, Minggu (25/11/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Banten mengadakan Musabaqoh Kitab Kuning di Pondok Pesantren Attaufiqiyyah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Minggu (25/11/2018). Peserta lombanya adalah para santri yang berasal dari berbagai pondok pesantren di Banten.

Ketua DPW PKB Provinsi Banten, Ahmad Fauzi mengatakan, kegiatan Musabaqoh Kitab Kuning tersebut diselenggarakan sebagai rangkaian Hari Santri Nasional 22 Oktober lalu. Lewat kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak para santri-santri se-Banten untuk berlomba dalam membaca kitab kuning.

“Sebetulnya (melalui kegiatan ini) ingin mengajak para santri dari pesantren-pesantren se-Banten untuk berlomba membaca kitab kuning, dan ini adalah satu kaitan, satu rangkaian dengan Hari Santri Nasional. Ini penyisihan tingkat Banten, nanti juara dari Banten kita kirim ke DPP PKB tingkat nasional. Selain itu, ini juga sebagai upaya kita berkolaborasi dengan pesantren di sekitar Banten,” kata Ahmad Fauzi.

Ia juga berharap melalui lomba mengaji Kitab Kuning ini akan banyak para kalangan pesantren di Banten, khususnya Kiai dan Ustaz, termotivasi untuk terus membaca serta mengkaji dan mengajarkan kitab kuning kepada para santri-santrinya.

“Dengan lomba seperti ini kita berharap para santri termotivasi, para kiai termotivasi, terus mengajarkan kitab kuning terhadap santri-santrinya,” tuturnya.

Ahmad Fauzi menjelaskan, dalam kitab kuning, banyak sumber pengetahuan tentang ajaran Islam yang utuh. Hal ini sekaligus sebagai pedoman kehidupan umat Islam, yaitu untuk menjaga dari hal-hal yang bisa membuat banyak orang menyimpang dari ajaran Islam.

"Kitab kuning ini memang sangat kaya khazanahnya, sangat kaya pengetahuannya, sehingga kalau orang mengkaji agama, khususnya Islam, terutama konsep akidah, konsep fikih, konsep tasawuf, itu jika tidak menggunakan kitab seperti ini (Kitab Kuning-red) maka tidak akan memberikan pengetahuan yang utuh, itu fungsinya," ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

PKB Banten Sasar Pesantren Lewat Lomba Kitab Kuning
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top