Sabtu, 23 Januari 2021 |
News Room - Hukum

Pimpinan 'Kerajaan Ubur-ubur' Ditetapkan sebagai Tersangka

Kamis, 23 Agt 2018 | 19:15 WIB Dibaca: 475 Pengunjung

Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin. [Dok: NEWSmedia]*

SERANG, [NEWSmedia] - Polres Serang Kota ahirnya menetapkan pemimpin krajaan ubur-ubur, Aisyah yang sempat meresahkan masyarakat Kota Serang sebagai tersangka.

Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin mengatakan, penetapan Aisyah sebagai tersangka, dapat dilihat dari beberapa video di YouTube yang berisi konten pelanggaran terhadap pasal 28 ayat 2 UU ITE.

"Saat ini yang bersangkutan sudah memberikan keterangan dan sudah di berikan berita acara pemeriksaan  (BAP-red)" kata Komarudin di Mapolres Serang Kota, Kamis (23/8/2018).

Ia menjelaskan, selain UU ITE, pihaknya juga bisa menggunakan pasal 156 A KUHP untuk menetapkan Aisyah sebagai tersangka dengan dugaan penodaan terhadap agama di muka umum dan sengaja.

"Pasal 156 itu harus di sampaikan di ruang terbuka, sementara si Aisyah ini menerangkanya di ruang tertutup. Kalau gunakan 156 A itu akan merujuk UU lainya akan di lakukan peneguran terlebih dahulu sebanyak dua kali, kalau masih ngulangi akan di tetapkan sebagai penistaan agama," jelasnya.

Ia menuturkan, meski saat ini Aisyah telah dinyatakan memiliki gangguan kejiwaan, namun pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut ke pengadilan.

"Manakala nanti di tengah perjalanan proses penyidikan ada indikasi indikasi ke arah sana (gangguan jiwa-red), ya tentu nanti hakim yang akan menentukan, apakah gangguan jiwa itu sebelum kasus ini terjadi atau setelah kasus ini mungkin mengalami depresi dan sebagainya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pimpinan 'Kerajaan Ubur-ubur' Ditetapkan sebagai Tersangka

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top