Rabu, 22 November 2017 |
News Room - Pilkada Kota Serang 2018

Pilkada Kota Serang, Pengamat: Kota Serang Tidak Butuh Politisi atau Birokrat, Tapi..

Rabu, 08 Nov 2017 | 13:19 WIB Dibaca: 471 Pengunjung

Pengamat dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FISIP Untirta), Gandung Ismanto.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pengamat dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FISIP Untirta), Gandung Ismanto menilai, kebutuhan Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten sangatlah nyata.

Menurutnya, sebagai kota yang baru dan usianya mencapai 10 tahun, Kota Serang membutuhkan sosok pemimpin atau seorang teknokrat yang memahami detail masalah dan kebutuhan wilayah dan masyarakat.

"Kota Serang ini tidak butuh politisi atau birokrat atau lain sebagainya, tapi butuh figur teknokrat yang mengerti detail masalah, karena tata ruang kita, blueprint pengembangan wilayah, ekonomi masyarakat dan lain lain, kita belum punya, termasuk menangani kemiskinan dan pengangguran, sehingga kita butuh orang yang secara terukur memiliki kemampuan untuk mengatasi problem ril masyarakat," kata Gandung, Rabu (8/11/2017).

Ia mengatakan, kebutuhan masyarakat Kota Serang saat ini sangat sederhana, yakni masih pada kebutuhan dasar, seperti kemiskinan, gizi buruk, pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pelayanan dasar lainnya.

"Pelayanan dasar tadi itu yang harus diperbaiki dulu, jadi gagasannya bukan Kota Serang yang muluk-muluk," terangnya.

Ia juga mengaku, selama ini, Kota Serang telah banyak mengalami kemajuan, namun kemajuan tersebut terjadi secara alamiah, sebab menurutnya, ada atau tidak adanya pemerintah, Kota Serang sudah maju, hal itu terjadi karena Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten yang menjadi titik simpul, pusat koleksi dan aktifitas perdagangan di wilayah sekitarnya.

"Sehingga kemajuan sekarang ini alamiah saja yang seharusnya jauh lebih maju kalau pemerintah benar-benar hadir untuk mengatasi masalah-masalah tadi," tuturnya.

Ia juga menegaskan, terkait beberapa nama yang muncul sebagai bakal calon Wali Kota Serang, dirinya tidak bisa mengukur dari niat dan motivasi mereka, sebab ia meyakini, setiap bakal calon, mempunyai niat dan motivasi yang baik untuk membangun Kota Serang yang lebih baik.

"Tapi tadi, Kota Serang lebih membutuhkan seorang yang ahli benar-benar memahami masalah dan mengatasinya dengan melakukan tindakan atau kebijakan yang nyata untuk menata Kota Serang yang 10 tahun terakhir ini berjalan tanpa arah yang jelas," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pilkada Kota Serang, Pengamat: Kota Serang Tidak Butuh Politisi atau Birokrat, Tapi..
Top