Jumat, 10 Juli 2020 |
News Room - Pilkada Kota Serang 2018

Pilkada Kota Serang: Masyarakat Diminta Tegaskan Status Dukungan

Sabtu, 09 Des 2017 | 10:03 WIB Dibaca: 451 Pengunjung

Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat Mabruri.*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang meminta kepada masyarakat agar tegas menentukan status dukungannya untuk bakal calon perseorangan atau independen pada Pilkada Kota Serang 2018.

Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat mengatakan, hal tersebut dilakukan, lantaran mulai tanggal 12 sampai 25 Desember 2017, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan bakal pasangan calon perseorangan tersebut.

"Yang penting verifikasi faktual itu soal pemahaman masyarakat, jangan takut kalau didatangi petugas KPU, karena kita hanya sebatas bertanya soal dukungan, kalau mendukung nyatakan mendukung buar dicatatat memenuhi syarat, kalau tidak mendukung mohon diisi lampiran tidak mendukung, bair dicatat tidak memenuhi syarat," kata Fierly di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (8/12/2017).

Ia menuturkan, pengalaman Pilgub Banten 2017, pihaknya menemukan, 80 persen yang memberikan KTP dukungan terhadap bakal calon perseorangan, mengaku tidak mendukung dan tidak mau menandatangani lampiran tidak mendukung.

"Bagi kami, mendukung atau tidak mendukung, itu harus ada bukti yang tertulis, maka masyarakat jangan takut memberikan pendapat, kalau dukung ya mendukung, kalau engga dukung ya isi dong formulir BA.5-KWK tidak mendukungnya," terangnya.

Ia mengungkapkan, di Kota Serang, ada tiga bakal pasangan calon perseorangan yang telah menyerahkan dukungan ke KPU Kota Serang dan berdasarkan hasil dari verifikasi administrasi, jumlah dukungan yang tersisa dari setiap bapaslon adalah sebagai berikut, bapaslon Agus Irawan-Samsul Bahri sebanyak 37.244 dukungan, bapaslon Samsul Hidayat-Rohman sebanyak 49.245 dukungan; dan bapaslon Sigit Suwitarto-Rd Wildan Ardisasmita sebanyak 35.840 dukungan. 

"Dari tiga bapaslon itu, ada kandidat yang masih dibawah ambang batas minimal 37.800, tapi demikian, semuanya kita bawa ke verifikasi faktual, karena aturannya begitu," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, setelah dilakukan verifikasi faktual tersebut, pihaknya akan mulai merekap semua dukungan itu pada tanggal 27 Desember 2017 di tingkat kecamatan dan tanggal 30 Desember di KPU Kota Serang.

"Kalau ada kekurangan, kurangannya dikali dua dan harus diserahkan kembali ke KPU Kota Serang tanggal 18 sampai 20 Januari 2018," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pilkada Kota Serang: Masyarakat Diminta Tegaskan Status Dukungan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top