Jumat, 25 Mei 2018 |
News Room - Pilkada Kota Serang 2018

Pilkada Kota Serang: 8.804 Data Pendukung Bapaslon Perseorangan Tak Ada di DPT

Rabu, 13 Des 2017 | 09:58 WIB Dibaca: 161 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] – Sebanyak 8.804 identitas pendukung bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan diketahui tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan terakhir atau Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly Murdlyat mengatakan, sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan, identitas pendukung bapaslon yang namanya tidak tertera dalam DPT/ DP4 kemudian dimintakan klarifikasi ke Disdukcapil.

“Nanti Disdukcapil menyandingkan data non DPT itu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Ada 3 peniliaian yang dikeluarkan Disdukcapil. Pertama, jika namanya ada di data base kependudukan, maka dukungan dinyatakan benar. Kedua, jika tidak ada di data base kependudukan, maka dukungan dinyatakan tidak benar. Ketiga, jika belum bisa diklarifikasi maka nama itu dibawa ke verifikasi faktual (verfak) ke lapangan,” kata Fierly, Selasa (12/12/2017).

Sementara itu, Ketua KPU Kota Serang mengungkapkan, berdasarkan pantauan di sejumlah PPS, pada saat verifikasi faktual, pihaknya menemukan banyak pendukung yang tidak berhasil ditemui dengan sejumlah ada alasan. Ada yang tidak berada di rumah, sedang bekerja, atau bahkan pindah domisili.

"Bagi mereka yang tidak berhasil ditemui, tim sukses bapaslon perseroangan berkewajiban mengumpulkan pendukung tersebut di sebuah tempat untuk diverifikasi oleh PPS," ungkapnya.

Ia juga menegaskan, tanggal 25 Desember 2017, seluruh PPS akan melakukan pleno rekapitulasi, kemudian dilanjutkan pada tanggal 27 Desember 2017 PPK melakukan pleno. Dan terakhir,  KPU Kota Serang melakukan pleno rekapitulasi pada tanggal 30 Desember 2017.

“Verfak ini adalah pertaruhan kinerja KPU. Kita harus mampu menjalankan tahapan ini dengan maksimal. Datangi semua kediaman pendukung. Catat status dukungannya. Nanti PPS melapor ke PPK. PPK nanti yang merekap jumlah pendukung yang mendukung, tidak mendukung, dan tidak bisa ditemui setiap harinya," pungkasnya.

Untuk diketahui, rincian 8.804 data pendukung bapaslon perseorangan yang tidak ada di DPT adalah sebagai berikut, bapaslon Agus Irawan-Samsul Bahri sebanyak 2.734, bapaslon Samsul Hidayat-Rohman sebanyak 2.829 dan bapaslon Sigit Suwitarto-Rd Wildan Ardisasmita sebanyak 3.241. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pilkada Kota Serang: 8.804 Data Pendukung Bapaslon Perseorangan Tak Ada di DPT
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top