Senin, 21 September 2020 |
News Room - News Adv - Pilkada Kota Serang 2018

Pilkada Kota Serang: 422.002 Warga Ditetapkan Sebagai DPT

Kamis, 19 Apr 2018 | 19:42 WIB Dibaca: 610 Pengunjung

Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin setelah Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan DPT tingkat Kota Serang di Hotel Horison Ratu, Kota Serang, Kamis (19/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menetapkan 422.002 warga sebagai daftar pemilih tetap (DPT) untuk pelaksanaan Pilkada Kota Serang 2018.

Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin mengatakan, DPT yang ditetapkan merupakan hasil dari rangkaian penyusunan daftar pemilih, coklit dan perbaikan daftar pemilih di Kota Serang.

“Mudah-mudahan DPT betul-betul DPT yang akurat, sehingga dengan DPT yang akurat ini partisipasinya tinggi dibanding pada saat Pilgub 2017,” kata Heri setelah Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan DPT tingkat Kota Serang di Hotel Horison Ratu, Kota Serang, Kamis (19/4/2018).

Ia menuturkan, bagi masyarakat Kota Serang yang belum masuk dalam DPT, pihaknya memastikan masyarakat tersebut masih dapat memilih pada Pilkada Kota Serang dengan menunjukan KTP elektronik atau surat keterangan (Suket) ke KPPS pada saat pemungutan suara.

“Prosedurnya mereka daftar dulu, bisa di pagi hari daftar ke KPPS nanti bisa datang lagi jam 12.00 WIB, atau bisa daftarnya pada saat mau melakukan pencoblosan, di jam 12 itu daftar KPPS bisa langsung melakukan pencoblosan di TPS. Tentu KTP atau suket yang digunakan untuk pencoblosan harus sesuai dengan alamat TPS dimana dia tinggal,” tuturnya.


Rapat Pleno Penetapan DPT Tingkat Kota Serang.

Ia menjelaskan, jika dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS) yang mencapai 426.159, jumlah DPT tersebut mengalami penurunan sekitar 4.151 yang disebabkan banyaknya pemilih di DPS yang terdeteksi ganda.

“Dari 10 hari pengumuman DPS kita banyak menerima pengaduan dari masyarakat. Pertama hasil posko pengaduan panwaslu banyak pemilih yang meninggal, pindah alamat itu masih ada di DPS, dan termasuk hasil analisa sidalih (sistem informasi data pemilih) itu banyak pemilih yang dinyatakan ganda,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, warga yang terdeteksi belum melakukan perekaman namun sudah masuk ke DPT, tinggal melakukan perekaman e-KTP untuk dapat menyalurkan hak suara pada Pilkada Kota Serang.

“Karena jumlah DPT itu termasuk warga yang belum melakukan perekaman e-KTP, jadi tinggal ditindaklanjuti dengan perekaman dan itu banyak pemilih pemula,” pungkasnya. [adv]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pilkada Kota Serang: 422.002 Warga Ditetapkan Sebagai DPT
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top