Senin, 17 Desember 2018 |
News Room - Politik

Pilgub Banten, Ribuan Surat Suara Rusak Dimusnahkan 

Selasa, 14 Feb 2017 | 15:00 WIB Dibaca: 618 Pengunjung

Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna.*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 132.000 surat suara rusak pada Pilgub Banten 2017, akan dimusnahkan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten pada Selasa (14/2/2017). Pemusnahan surat suara untuk Pilgub Banten tersebut, dilakukan menggunakan mesin pencacah.

Sesuai hasil rapat koordinasi, Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna mengatakan, bahwa seluruh KPU Kabupaten/Kota pada tanggal 14 februari 2017 akan memusnahkan surat suara yang rusak menggunakan mesin penghancur dan dibakar dan kemudian dibuat berita acaranya, penghancuran juga dihadiri oleh Panwas, KPU Kabupaten/ Kota dan pihak kepolisian. 

"Jangan sampai ada anggapan, ada surat suara yang ilegal. Surat suara yang akan digunakan ada di PPS sedang menuju TPS, malam hari kami yakin sudah di TPS, termasuk di daerah banjir," kata Agus.

Ia mengatakan, selain pemusnahan di tingkat KPU Kabupaten/ Kota, pihaknya juga melakukan pemusnahan surat suara yang tersisa di percetakan, yakni di PT Dian Rakyat, Pulogadung Jakarta.

"Hari ini, Sekretaris dan Kasubag KPU, Bawaslu dan Kepolisian menghadiri proses pemusnahan, tidak boleh ada yang tersisa, dihanguskan semua," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan, terkait TPS yang terkena dampak banjir di Kabupaten Pandeglang, mesti ada beberapa TPS yang direlokasi, pihaknya memastikan surat suara sampai pada tepat waktunya.

"Ada beberapa yang dialokasikan dan dipindahkan ke tempat yang tidak terkena banjir, ada sekitar 77 TPS di Kabupaten Pandeglang, kalau daerah lain seperti Kabupaten Lebak, engga kena banjir tapi longsor aja, tapi sampai sekarang udah bisa dilalui, secara umum 16.540 TPS di Banten, sudah aman dan siap melaksanakan pencoblosan," pungkasnya.[ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pilgub Banten, Ribuan Surat Suara Rusak Dimusnahkan 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top