Rabu, 23 Agustus 2017 |
News Room - Politik

Pilgub Banten, Nata Irawan Soroti Kesimpangsiuran Data Pemilih di Luar DPT

Selasa, 14 Feb 2017 | 19:03 WIB Dibaca: 390 Pengunjung

Rapat kesiapan penyelenggaraan pilgub Banten 2017.*

SERANG, [NEWSmedia] - H-1 menjelang pencoblosan pada Pilgub Banten 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten melakukan rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten 2017 bersama penjabat Gubernur Banten, Bawaslu, Panwas dan KPU tingkat kabupaten dan kota, dan Disdukcapil, di aula KPU Provinsi Banten, Kota Serang, Selasa, (14/02/2017).

Dalam pemaparannya, Penjabat Gubernur mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Provinsi Banten untuk menyalurkan hak suaranya dan mensukeskan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang akan digelar 15 Februari besok.

“Kami dan penyelenggara ingin pelaksanaan pilkada sukes, dan jangan sampai ada cacat," kata Nata.

Selain itu, Nata menyoroti soal informasi kesimpang-siuran pemilih menggunakan surat keterangan (Suket). Ia meminta, agar setelah rapat koordinasi ini ada kepastian jumlah pemilih di luar DPT.

“Banyak data dalam bahasan kemarin terkesan kesimpang siuran. Data dulunya 88 ribuan, kemudian berkembang bisa menjadi 300 ribuan. Saya harapkan setelah rapat ini tidak lagi ada kesimpang siuran jumlah pemilih itu,” ujarnya.

Sebagai penyelenggara Pilkada Banten, menurut Nata semua pihak ingin agar pilkada berjalan dengan sukses tanpa ada cacat. Meskipun sampai hari ini persoalan pemilih menggunakan suket masih belum jelas, data potensial 14 ribu pemilih menurutnya digunakan sesuai rekomendasi rapat di Bawaslu.

"Itu kesepakatan kita hari ini, tapi Permendagri memberi peluang. Kesepakatan itu yang kita pegang," ujarnya.

Untuk memantau pelaksanaan pemungutan suara bejalan sesuai  harapan, pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) akan membentuk tim untuk terjun langsung ke  beberapa TPS di 8 wilayah.

Tim tersebut akan bergerak di tiga zona yang sudah ditetapkan yaitu zona I meliputi daerah Kabupaten dan Kota Serang serta Kota Cilegon, zona II meliputi wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang, serta zona III meiputi wilayah Kota Tangerang, Kota Tangsek dan Kabupaten Tangerang.

“Kami besok semua SKPD di provinsi bersama pihak kepolisian,  kemudian TNI, Bawaslu dan KPU membentuk semacam tim, nanti kami bagi di tiga zona, dan kita akan memantau semua perkembangannya, petugas di lapangan terus berkomunikasi menyampaikan berbagai informasi yang ada dilapangan,” ujarnya. [Red]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pilgub Banten, Nata Irawan Soroti Kesimpangsiuran Data Pemilih di Luar DPT
Top