Minggu, 13 Juni 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada Freckles, Bisa Jadi Gejala Penyakit Kulit Serius

Sabtu, 06 Okt 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 691 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Tren makeup freckles (bintik kecokelatan pada kulit) akhir-akhir ini muncul dan menjadi idola kaum hawa dalam memoles wajah cantiknya. Tapi, tahukah Anda apa itu freckles?

"Freckles adalah kelainan kulit yang ditandai hiperpigmentasi kulit. Ditandai oleh nakula yang warnanya kecokelatan yang berada di area yang terpapar sinar Matahari. Jadi sebetulnya freckles itu berupa bercak kecokelatan kecil-kecil tersebar dan terpapar Matahari," ujar Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin, dr. Novi Junita Sp.KK dari ZAP Premiere.

Lalu, bagian tubuh mana saja yang bisa terjadi freckles dan faktor apa saja yang memicu terjadinya kondisi itu?

"Biasanya daerah wajah, paling sering daerah malar (pipi dan hidung), bisa juga daerah bahu, punggung atas, dan dada disertai seperti itu," tuturnya.

Genetik menjadi faktor utama munculnya freckles di wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya.

"Ada dua faktor yang utama, yaitu sinar UV dan genetik. Beberapa penelitian menyatakan penyebabnya itu polimorfisme gen (kemunculan lebih dari satu bentuk gen)," katanya.

Lebih lanjut, ia menampik bahwa freckles membahayakan bagi kulit.

"Bahaya atau tidak? Tidak. Meskipun tergolong penyakit kulit, freckles sifatnya jinak. Tapi terkadang freckles bisa dijadikan indikator untuk menentukan diagnosis penyakit seperti xeroderma pigmentosum dan neurofibromatosis," [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada Freckles, Bisa Jadi Gejala Penyakit Kulit Serius

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top