Sabtu, 30 Mei 2020 |
News Room

Petani di Kabupaten Serang Dapat Bantuan Alat Mesin Pertanian

Jumat, 27 Jul 2018 | 13:46 WIB Dibaca: 353 Pengunjung

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ichsan Soelistio memberikan Alsintan kepada kelompok tani di Kantor Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Jumat (27/7/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] – Anggota Komisi III DPRI Fraksi PDI Perjuangan, Ichsan Soelistio memberikan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kantor Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Jumat (27/7/2018).

Pada kesempatan trsbut, Ichsan mengatakan alsintan tersebut merupakan program pemerintah yang diturunkan untuk masyarakat di Indonesia yang membutuhkan.

"Alhamudlilah diberi bantuan pada hari ini 10 pompa, nanti turun lagi 23 hand tractor yang masih dalam perjalannan. Nanti tangal 31, hari Selasa, kita lakukan serah terima lagi kepada kelompok tani,” kata Ichsan kpada awak media.

Ia menjelaskan, sebagai wakil rakyat, dirinya berusaha untuk mendapatkan bantuan alsintan tersebut dari pemerintah dengan tahapan yang panjang.

"Jadi biasnaya kelompok tani diverifikasi, ada dinas pertanian melihat benar atau tidak kelengkapannya, dokumentasinya juga harus ada. Kepengurusannya juga harus ada jangan sampai fiktif, umur dalam arti kata poktan ini harus sudah berjalan, nanti poktan ini diverifikasi lagi di kementerian apakah sudah pernah dapat atau tidak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dukuh, Ali Zaenal merasa senang dengan adanya perhatian dari pemerintah berupa bantuan alsinta untuk kelompok tani di Kabupaten Serang termasuk, di Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan.

“Di sini baik proses pengairan sawahnya, saat ini terdampak program perbaikan irigasi. Saluran irigasi yang sebelumnya mau dibangun jadi terhambat. Masayrakat mengambilnya di sungai ciujung, sangat butuh pomba air dan akrhinya diberikan bantuan oleh Dewan RI berupa mesin pompa,” ujarnya, Jumat (27/7/18).

Ia juga menegaskan, desa tersebut merupakan lahan subur pertanian yang tidak boleh dialihfungsikan untuk industri, bahkan menurutnya, di Desa Dukuh terdapat satu gabungan kelopok tani (Gapoktan) dan lima kelomok tani.

"Kami berharap Desa Dukuh ini menjadi prioritas program pertanian, baik sekarang maupun ke depannya nanti," pungkasnya. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Petani di Kabupaten Serang Dapat Bantuan Alat Mesin Pertanian

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top