Selasa, 13 April 2021 |
News Room

Petani Banten Diimbau Jual Gabah ke Produsen Lokal

Rabu, 17 Jan 2018 | 12:55 WIB Dibaca: 935 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten mengimbau kepada seluruh petani di Banten agar menjual gabah ke produsen lokal.

Kepala Disperindag Provinsi Banten, Babar Suwarso mengatakan, hal itu dilakukan agar produksi beras di daerah bisa menjamin stok beras di pasaran yang akhir-akhir ini harganya melonjak, sehingga harga beras di daerah bisa lebih stabil.

"Di beberapa daerah, seperti Pandeglang, Serang, dan Lebak sedang ada panen, kami berkoordinasi dengan dinas pertanian agar gabah petani hasil panen dimaksimalkan untuk dijual kepada produsen beras lokal," kata Babar, Rabu (17/1/2018).

Ia menjelaskan, Banten merupakan salah satu daerah yang mempunyai capaian produksi gabah lokal sangat melimpah, namun hal tersebut belum dimaksimalkan oleh pemerintah daerah.

BACA JUGA: Harga Beras di Pasar Induk Rau Melonjak, Permainan Tengkulak?

"Gabah dari petani bisa dibeli oleh pihak produsen manapun, karena mekanisme pasar, harga tertinggi yang akan dapat menyerap gabah, tapi karena saat ini situasi pasokan beras kurang, maka kami himbau kepada petani melalui dinas pertanian agar diprioritaskan ke produsen lokal," terangnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya bersama instansi lain telah melaksanakan operasi pasar dan berupaya menekan harga hingga turun menyentuh harga eceran tertinggi  (HET).

"Selama seminggu, Disperindag terus sampai hari ini dan setiap hari yang dìkoordinasikan dengan Bulog menggelontorkan beras medium dengan harga Rp 9.300/kg dibawah HET pemerintah Rp9.450," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Petani Banten Diimbau Jual Gabah ke Produsen Lokal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top