Sabtu, 20 Oktober 2018 |
News Room - Pemerintahan

Pesta Tahun Baru Dibiarkan Tapi Takbir Keliling Dilarang, Pemkot Cilegon Dikecam Warga

Rabu, 21 Jun 2017 | 16:16 WIB Dibaca: 1138 Pengunjung

Takbir Keliling (ilustrasi)

CILEGON, [NEWSmedia] – Menyambut malam takbir Idul Fitri pada sabtu mendatang, Pemerintah Kota Cilegon, mengimbau kepada Camat dan Lurah se-Kota Cilegon agar melarang warganya untuk melakukan takbir keliling.

Hal tersebut tertua dalam surat edaran Wali Kota dengan Surat Nomor: 003.2/3555/Pemt, yang menyebutkan bahwa Warga Kota Cilegon diminta untuk tidak melakukan takbir keliling, karena hal tersebut dapat mengganggu ketertiban dan keamanan lingkungan.

“Kami tegaskan bahwa Camat dan Lurah melarang warganya untuk tidak melakukan takbir keliling, karena mengganggu dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Sekretaris Daerah KOta Cilegon, Sari Suryari, saat ditemui di ruang kerjanya (21/6/2017).

Selain himbauan melarang takbir keliling, Sekda menyampaikan bahwa Camat dan Lurah juga harus memberikan himbauan agar warga yang mudik dapat melapor kepada aparat setempat. Selain itu, Camat dan Lurah juga melakukan harus membentuk tim monitoring untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Camat dan Lurah harus melakukan monitoring bersama untuk menjaga keamanan warga yang sebagian meninggalkan rumah karena mudik,” tukasnya. 

Menyikapi hal tersebut, Richard salah seorang warga Pegantungan, Cilegon, menyayangkan himbauan pelarangan takbir keliling tersebut. Ia menilai hari besar umat muslim sangat wajar jika disambut dengan meriah.

"Kok bisa begitu, ini kan hari besar umat muslim. Wajarlah kalau disambut dengan meriah. Tabir keliling itu sudah tradisi umat muslim Indonesia," ujarnya. 

Ia membandingkan dengan acara menyambut tahun baru. Saat itu Pemerintah Kota Cilegon dan aparat membiarkan warga berkeliling, bakar petasan, pesta kembang api di landmark kota Cilegon. 

"Sudah buta kali om mata hati mereka, masa budaya yang tidak islami dibiarkan, sedangkan takbir keliling kok dilarang. Sepertinya Cilegon sudah bukan Kota Islami lagi deh," imbuhnya. [Red/Fab]

Penulis: Red/fab
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pesta Tahun Baru Dibiarkan Tapi Takbir Keliling Dilarang, Pemkot Cilegon Dikecam Warga
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top