Minggu, 05 Juli 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Pesona Curug Tilu di Wilayah Barat Purwakarta

Jumat, 06 Apr 2018 | 16:00 WIB Dibaca: 555 Pengunjung

Curug tilu.*

[NEWSmedia] - Eksotis, mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan suasana di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung-gunung yang menjulang tinggi, di tambah panorama alam yang masih asri di wilayah itu ternyata menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi masyarakat perkotaan, suasana lingkungan nan alami seperti ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat langka didapat. Tak heran, jika selama ini wilayah tersebut menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat.

Bagi masyarakat perkotaan, suasana lingkungan nan alami seperti ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat langka didapat. Alhasil, dengan keindahannya itu, membuat wilayah paling Barat Purwakarta ini menjadi salah satu primadona bagi para pelancong.

Mungkin belum banyak yang tahu, jika Kecamatan Sukasari menyimpan banyak keindahan alam. Sebut saja salah satunya, keberadaan beberapa Curug (air terjun) yang terdapat di sejumlah titik di wilayah tersebut.

Jadi sangat wajar, jika wilayah paling barat yang ada di kabupaten ini digadang-gadang bakal dijadikan tujuan wisata baru oleh pemerintah setempat. Mengingat, Kecamatan Sukasari memiliki potensi pariwisata yang cukup melimpah.

Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar membenarkan, jika Kecamatan Sukasari memiliki keindahan tersendiri. Menurutnya, daerah yang berada paling ujung Waduk Jatiluhur ini memiliki panorama alam yang cukup eksotis.

"Suasana alam di wilayah itu sangat eksotis. Saat ini, wilayah tersebut kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah," ujar Heri kepada Okezone, belum lama ini.

Apalagi, kata dia, setelah pemkab membangun akses baru berupa jalan darat menuju wilayah ini. Hampir setiap pekannya, banyak warga yang sengaja datang ke kecamatan tersebut untuk sekedar menikmati panorama alam yang ada di wilayah itu.

"Banyak tujuan, ditambah infrastrukturnya sudah mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun Jalur Lingkar Barat yang menjadi akses jalur darat baru ke wilayah tersebut," tambah dia.

Heri menjelaskan, di wilayah tersebut ada beberapa lokasi alam yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Sebut saja salah satunya, Curug Tilu di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp. Curug Tilu sendiri, merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Purwakarta.

Lokasi wisata ini, kata dia, resmi dibuka pada Maret 2017 lalu. Untuk menuju ke lokasi tersebut, tak sesulit yang dibayangkan. Air terjun yang kini mendapat julukan Grand Canyon-nya Purwakarta ini dapat diakses sekitar 30 menit dari pusat kota.

Bagi yang datang melalui jalur Tol Cipularang, pengunjung cukup keluar dari Gerbang Tol Jatiluhur. Kemudian, ambil arah jalur menuju Waduk Jatiluhur. Setelah melewati kantor kecamatan, ambil arah lurus menuju ke Desa Cikao Bandung. Persis dibawah Bendungan Jatiluhur, terus naik dan ikuti jalan beton menuju Desa Ciririp.

Sepanjang perjalanan, pengunjung pun bakal disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa berupa hamparan hutan di kiri kanan jalan. Selain panorama alam, pengunjung pun bakal menikmati jalan yang berkelok dan naik turun. Sehingga bisa menambah keindahan perjalanan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pesona Curug Tilu di Wilayah Barat Purwakarta
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top