Selasa, 19 Desember 2017 |
Pariwisata - News Gallery

Pesona Bawah Laut Pulau Menjangan Kecil

Kamis, 09 Nov 2017 | 16:01 WIB Dibaca: 328 Pengunjung

Keindahan pulau menjangan kecil, Karimunjawa.*

[NEWSmedia] - Bicara surga bawah laut di Jawa Tengah, sudah tentu Pulau Karimunjawa tempatnya. Kepulauan yang masuk wilayah Kabupaten Jepara itu banyak memiliki spot pemandangan indah bawah laut, salah satunya di Pulau Menjangan Kecil.

Kawasan laut di Pulau Menjangan Kecil selama ini menjadi favorit wisatawan untuk lokasi penyelaman. Pulau Laut dengan luas pantai pasir putih 46 hektare ini juga menjadi buruan pasangan muda-mudi untuk berbulan madu.

Salah satu daya tarik pulau ini adalah spot snorkeling dengan lengkapnya pemandangan biota laut. Dengan kedalaman tak lebih dari 8 meter, wisatawan yang hendak menyelam sudah bisa bermain dengan berbagai jenis ikan yang cukup ramah dengan penyelam. 

"Di perairan Pulau Menjangan Kecil pengunjung bisa bermain dengan ikan nemo seperti di film-film kartun, " kata Ahmad Fikri, salah satu guide tour Karimunjawa.

Menurut Ahmad, ikan nemo atau populer dengan ikan badut banyak hidup di perairan Karimunjawa. Ikan ini kerap berenang di sekitar terumbu karang dan tak jarang sengaja bersembunyi di balik biota laut lain. 

"Untuk mengundang ikan ini cukup mudah. Pengunjung hanya harus membawa roti tawar saat snorkeling di laut, " ujar pria asli Karimunjawa itu.

Selain ikan nemo, penyelam juga bisa menemukan ikan kakap hitam, ikan kerapu serta berbagai gugusan karang batu yang indah untuk berswafoto. Biasanya, tour guide selalu menawarkan paket berfoto ketika penyelaman dilakukan. 

"Bagi wisatawan yang ingin foto di dalam selalu kami ingatkan agar tidak mengambil atau menginjak terumbu karang yang ada, " katanya.

Untuk menuju spot penyelaman sendiri, lanjut Ahmad, pengunjung hanya butuh waktu 15 menit dari dermaga Pulau Karimunjawa. Wisatawan hanya harus menaiki kapal-kapal nelayan yang siap mengantar untuk mengeksplore indahanya Pulau Menjangan Kecil.

Surga Pasir Putih

Puas melakukan penyelaman di wilayah laut pulau ini, tour guide biasanya akan membawa wisatawan mendarat di Pulau Menjangan Kecil. Ketika kapal sandar di pulau ini, detak kagum langsung terasa dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan. 

Mulai dari pantai pasir putih, laut berwarna biru bening, ombak yang tidak terlalu besar, spot melihat matahari terbenam, beberapa resort kayu serta penginapan yang tertata dengan baik. Pun rimbunan pohon-pohon kelapa dengan gazebo kecil di bawahnya. Untuk harga penginapan satu malamnya Rp400 ribu. 

"Selain fasilitas penginapan dan warung, pulau ini juga ada aneka bermain voly pantai serta ayunan. Kita siapkan juga paket menikmati buah kelapa," kata Ahmad. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Tips Liburan Menyenangakan di Rumah 
Senin, 18 Des 2017 | 16:01 WIB
Tips Liburan Menyenangakan di Rumah 
Kota Tua Makin Memikat Wisatawan ke Jakarta
Jumat, 15 Des 2017 | 17:01 WIB
Kota Tua Makin Memikat Wisatawan ke Jakarta

KOMENTAR

Pesona Bawah Laut Pulau Menjangan Kecil
Top